Perbuatan Bukan Perkataan

RHEMA HARI INI
Titus 2:7a   dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik.

Joseph diminta ibunya untuk masuk kamar karena telah mengucapkan kata-kata kotor. Ketika ayahnya pulang, sang ibu menyuruh sang ayah naik ke lantai dua untuk menghukum anak laki-lakinya. “Saya akan mengajar anak itu agar tidak berkata-kata kotor lagi,” ujar ayahnya sambil setengah berlari menaiki tangga. Ketika hampir tiba di anak tangga teratas, kakinya tersandung dan dari mulutnya keluar makian yang tidak saja kotor, tetapi juga keras bunyinya. Isterinya sampai menutup telinga karena tidak tahan mendengar umpatan itu. “Lebih baik kamu turun saja,” ujar isterinya, “Saya kira dia sudah cukup memperoleh pelajaran darimu!”
Keteladanan adalah sekolah kehidupan. Tidak ada pelajaran lain yang lebih penting daripada itu. Kita bisa berbicara muluk-muluk, menasehati dengan kata-kata yang mengesankan, tetapi orang lain atau anggota keluarga kita akan lebih melihat perbuatan kita daripada apa yang kita katakan. Sampai ada istilah ‘NATO’ yang artinya no action talk only. Jangan sampai kita menjadi seperti itu. Biarlah apa yang kita katakan juga apa yang kita lakukan, sehingga keluarga kita bisa melihat sikap hidup dan perbuatan kita yang benar dan merekapun bisa dimenangkan kembali hatinya.

RENUNGAN
Sepandai-pandainya Anda berbicara, keluarga Anda lebih melihat perbuatan Anda daripada perkataan Anda.

APLIKASI
1. Selidiki, adakah hal-hal yang kita katakan kepada keluarga kita tetapi tidak kita lakukan?
2. Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk mengambil tindakan yang nyata sehingga bisa memenangkan kembali hati keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, kami mohon ampun kalau ada perbuatan kami yang tidak sesuai dengan perkataan kami. Tuntun kami ya Roh Kudus supaya kami bisa menjadi teladan, terang dan garam di tengah-tengah keluarga kami sehingga kami bisa memenangkan hati mereka dan keluarga kami menjadi keluarga yang berkenan di hati-MU. Amin.