Percaya Meski Tidak Dapat Melihat

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 02 Juni 2016

BACAAN HARI INI

Markus 9:14-29

RHEMA HARI INI

Markus 9:23 Jawab Yesus: “Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!”

Terlahir dengan mata yang tidak dapat melihat, tidak berarti selalu hidup dalam kegelapan. Justru kehidupan Priska, atau lengkapnya Priskilla Smith Jully, dipenuhi terang Allah. Awalnya, Priska memang sempat hidup dalam kepahitan. Ia hampir digugurkan, sempat mengalami penolakan dari kedua orangtuanya karena terlahir dalam kondisi yang buta dan pernah ingin bunuh diri karena frustrasi.

Namun hidupnya berubah ketika Tuhan menjamah hatinya di suatu KKR. Saat itu juga ia mulai memberikan hidupnya untuk Tuhan dan sesama. Keterbatasan fisik tidak menghalangi panggilannya. Meski kehidupannya sendiri susah, ia belajar untuk berjalan dengan iman. Ia mulai menampung seorang lumpuh di kamar kosnya. Dari satu, dua orang, jumlah orang yang ditolongnya semakin bertambah sampai puluhan. Sampai kemudian ia pun mendirikan The School of Life, tempatnya menampung dan mendidik banyak orang, dengan segala macam keterbatasan mereka, sampai bisa hidup mandiri.

Untuk semuanya itu, tentu saja dibutuhkan biaya yang besar. Berbagai macam krisis pernah menghampirinya, tetapi bersama dengan para sukarelawan dan anak asuhnya, mereka tetap menaruh iman percaya mereka kepada Tuhan. Bersama Tuhan, Priska telah membuktikan bahwa segala bentuk keterbatasan, baik itu fisik maupun finansial, tidak dapat menghentikannya. Jalan kehidupannya dengan anak-anak asuhnya telah menjadi kesaksian bahwa mereka tidak pernah membiarkan keterbatasan mereka untuk membatasi diri mereka sendiri. Mereka tidak lupa bahwa mereka memiliki Allah yang tidak terbatas. Yang sanggup menjadikan segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Di saat kita berbenturan dengan keterbatasan atau halangan yang kita miliki, kita bisa memilih untuk percaya kepada apa yang kita lihat, dengar dan rasakan. Atau seperti Priska, kita bisa memilih untuk lebih memercayai iman. Yakinilah, bahwa iman yang datangnya dari Tuhan tidak akan pernah salah. Kuasa iman akan mendatangkan keajaiban, mujizat, dan perkara-perkara dahsyat dalam hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN

Iman Anda akan mengubah KEMUSTAHILAN menjadi sebuah KEAJAIBAN!

APLIKASI

  1. Apa yang saat ini menjadi keterbatasan atau halangan dalam hidup Anda?
  2. Menurut Anda, apakah yang dimaksud dengan iman itu?
  3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil untuk mulai melangkah dalam iman?

DOA UNTUK HARI INI

“Ya, Tuhan, kami menyadari bahwa sebagai manusia kami sangatlah terbatas. Namun kami juga percaya bahwa Engkau adalah Tuhan yang tidak terbatas. Pimpinlah kami supaya kami dapat memiliki iman yang tanpa batas. Agar kami pun dapat mengalami terobosan-terobosan yang dahsyat dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yohanes 9-10