PERJANJIAN ADALAH KESEPAKATAN DARI KEDUA BELAH PIHAK

RHEMA HARI INI

Yehezkiel 37:26 Aku akan mengadakan perjanjian damai dengan mereka, dan itu akan menjadi perjanjian yang kekal dengan mereka. Aku akan memberkati mereka dan membuat mereka banyak dan memberikan tempat kudus-Ku di tengah-tengah mereka untuk selama-lamanya.

Siang itu ibu kembali mengingatkan Restu untuk membayar iuran BPJS. Restu hanya sambil lalu mengiyakannya, sebab masih ada beberapa hari sebelum batas waktu pembayaran. Namun karena di sibukkan oleh pekerjaannya, Restu akhirnya lupa membayar iuran. Sampai suatu petang, Restu yang sedang dalam perjalanan pulang dari kantornya, mengalami kecelakaan. Ia pun terpaksa harus dilarikan ke Rumah Sakit. Ketika keluarganya datang untuk mengurus administrasi dan segala sesuatunya, ternyata kartu BPJS Restu tidak bisa digunakan. Pihak Rumah Sakit baru bisa menerima setelah semua iuran BPJS terlunasi.

BPJS tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Sejak 1 Januari 2014, pemerintah mewajibkan semua penduduk Indonesia untuk menjadi peserta jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS. Dengan membayar iuran tiap bulan, kita beroleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Saat kita sakit atau harus dirawat di Rumah Sakit, maka seluruh biaya perawatan, obat-obatan bahkan operasi dalam kasus tertentu, akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Kewajiban kita adalah membayar iuran bulanan secara rutin. Jika kita tidak atau terlambat membayar, maka semua manfaat dan fasilitas juga tidak bisa kita dapatkan.

Yang di sebut dengan perjanjian adalah adanya kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika salah satu pihak melalaikan kewajibannya, maka pihak yang lain pun berhak membatalkan perjanjian. Demikian pula dengan Tuhan kita Yesus Kristus, rahasia untuk mengakses Berkat Semua Musim adalah Rahasia Perjanjian Berkat. Perjanjian dengan Tuhan pun bersifat dua pihak. Kalau kita melakukan bagian kita, maka Tuhan akan terikat melakukan bagian-Nya. Sebaliknya jika kita tidak melakukan bagian kita, maka Tuhan juga tidak harus melakukan bagian-Nya. Dengan memahami rahasia Perjanjian Berkat, maka sekalipun ada pandemi, resesi dan krisis ekonomi, pemeliharaan Tuhan yang sempurna tetap ada atas hidup kita. Yang lain boleh goncang, tetapi kita bisa menikmati ketenangan dan kedamaian dalam pekerjaan dan keuangan kita. Berkat Semua Musim akan kita nikmati saat kita taat dan setia menjalankan kesepakatan dalam perjanjian Berkat Tuhan. (PF)

RENUNGAN

Ada KESEPAKATAN antara kedua belah pihak dalam sebuah PERJANJIAN.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda memahami apa yang dimaksud dengan perjanjian?
2. Apa yang terjadi bila salah satu pihak melanggar kesepakatan dalam sebuah perjanjian?
3. Apa kesepakatan Anda dengan Tuhan dalam Perjanjian Berkat? Sudahkah Anda melakukan bagian Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih Engkau telah mengingatkan kami kembali akan kewajiban kami dalam Perjanjian Berkat-Mu yang kekal. Ampuni kami jika kami pernah lalai melakukan bagian kami. Kami berjanji akan lebih baik lagi dalam menjalankan kesepakatan yang telah Kau buat dengan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!