Pertumbuhan Kasih Karunia Menentukan Level Kemuliaan

BACAAN HARI INI
1 Samuel 2:11-26

RHEMA HARI INI
1 Samuel 2:26 Tetapi Samuel yang muda itu, semakin besar dan semakin disukai, baik di hadapan TUHAN maupun di hadapan manusia.

Ada dua pohon kamboja di taman rumah Pak Toni. Kamboja yang satu tumbuh menjulang tinggi. Batangnya terlihat kokoh, terbagi menjadi empat cabang. Bunga-bunga indah yang menawan, semarak memenuhi hijau rimbun dedaunan yang mengkilat. Namun kondisi subur Kamboja ini tidak didapati di pohon sebelahnya. Kamboja yang berjarak tiga meter itu tampak gundul. Sudah hampir setahun, sama sekali tak ada bunga yang dihasilkannya. Meskipun kedua kamboja itu dulu ditanam berbarengan namun ternyata pertumbuhannya sungguh berbeda.

Ilustrasi di atas mirip dengan kehidupan Samuel dan anak-anak Imam Eli. Samuel dan anak-anak Eli memang berada di dalam lingkungan yang sama tetapi berbeda dalam pertumbuhannya. Di bawah bimbingan Imam Eli, Samuel selalu setia kepada Tuhan sehingga seiring pertambahan usianya, ia semakin disukai baik di hadapan Tuhan maupun di hadapan manusia. Kondisi ini berbanding terbalik dengan anak-anak imam Eli. Karena kekerasan hati dan kejahatan mereka maka mereka tidak bertumbuh, bahkan akhirnya imam Eli dan keturunannya harus tersingkir dari pelayanan imam untuk selama-lamanya.

Sebagai orang percaya, kita percaya bahwa Tuhanlah satu-satunya sumber anugerah kasih karunia. Kita percaya betapa pentingnya kasih karunia dan kita juga percaya bahwa Tuhan sudah memberikan kasih karunia itu secara melimpah kepada kita semua. Artinya bukan hanya ada kasih karunia, bukan sedikit kasih karunia tapi banyak kasih karunia. Abundant grace. Kasih karunia memang sudah diberikan pada kita, tapi tidak cukup sampai di situ saja. Kita perlu bertumbuh dalam kasih karunia sehingga hidup kita tidak berhenti di satu titik kemuliaan dan kemenangan. Jangan sia-siakan anugerah yang telah kita terima, masih banyak yang bisa kita capai dan masih banyak yang bisa kita lakukan untuk kemuliaan Tuhan. Teruslah bertumbuh dalam anugerah, hidup kita akan makin diberkati, pekerjaan kita semakin maju, pernikahan kita selalu bahagia dan pelayanan kita akan semakin menjadi berkat.

RENUNGAN
Kita perlu BERTUMBUH DALAM KASIH KARUNIA, sehingga hidup kita TIDAK BERHENTI di satu titik kemuliaan dan kemenangan.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda menilai kehidupan Anda saat ini?
2. Apakah Anda sedang terjebak dalam stagnasi atau berhenti di satu titik? Jika ya, apakah sebabnya?
3. Pengalaman apa yang Anda miliki saat Anda bertumbuh dalam anugerah-Nya?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas anugerah yang telah Kau beri dalam hidup kami saat ini. Atas apa yang telah kami capai sampai saat ini. Kami ingin melakukan lebih baik lagi, kami ingin melayani-Mu lebih lagi. Bawa kami makin bertumbuh dalam anugerah-Mu ya Tuhan, beri kami pengajaran-Mu dan bimbingan-Mu agar kami makin dewasa dalam kerohanian kami. Terima kasih Tuhan. didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.