PRUNING MEMBUAT KITA BERBUAH LEBIH LEBAT

RHEMA HARI INI

Ibrani 12:11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Pruning atau pemangkasan adalah proses yang sangat penting dalam perawatan tanaman. Proses pruning dilakukan dengan tujuan untuk memperindah bentuk tanaman pada bonsai, dan mempercepat pertumbuhan bunga serta buah pada tanaman buah-buahan seperti apel dan jeruk. Pada prinsipnya, pemangkasan ini dilakukan agar nutrisi dan sari-sari makanan terfokus pada cabang utama dan tidak terganggu dengan adanya cabang yang lain. Penggunaaan pupuk dan obat-obatan pun akan menjadi lebih efektif dan efisien. Hasilnya, tanaman akan terbentuk lebih indah dan selalu berbuah lebat.

Di dalam perjanjian berbuah lebat, Tuhan ingin semua anaknya bisa bertumbuh dan berbuah lebat. Karena itu, semua anak-anak Tuhan juga akan mengalami proses pruning. Dia akan merawat, membentuk, dan memproses kita sesuai dengan yang dikehendaki-Nya. Salah satunya dengan memangkas segala sesuatu yang tidak produktif supaya hidup kita berbuah semakin lebat. Dalam kisah Alkitab kita tahu bagaimana seorang Yusuf harus mengalami proses pruning yang begitu lama dan menyakitkan. Ia harus kehilangan semua kenikmatan yang sudah dimiliki sejak kanak-kanak sampai remaja. Yusuf dijual, difitnah, ditipu, bahkan dipenjarakan. Namun pada akhirnya, semua proses itu membuat Yusuf menjadi semakin lebih tangguh, lebih berhikmat, lebih pengalaman, bahkan lebih berkuasa.

Malam ini mari kita renungkan bersama apakah saat ini kita juga tengah mengalami proses pruning dari Tuhan? Sama seperti yang ditulis di Ibrani 12:11, masa pruning memang seringkali menjadi masa yang, secara manusia, tidak mengenakkan bahkan menyakitkan. Tetapi saat ini kita boleh beryukur karena kita percaya bahwa masa-masa sulit itu justru merangsang kita untuk bisa menghasilkan buah yang pada akhirnya mendatangkan damai sejahtera bagi setiap kita. Karena itu jika saat ini kita merasa sedang mengalami pruning, ingatlah bahwa di masa inilah Tuhan sedang melatih, mematangkan karakter, dan menguatkan pondasi iman kita. Supaya pada akhirnya nanti semua anak-anakNya bisa menjadi pribadi yang lebih kuat, lebih matang, dan lebih berbuah lebat bagi kemuliaan nama-Nya.

RENUNGAN

PROSES PRUNING terjadi agar masa depan kita LEBIH BAIK dan BERBUAH LEBAT.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda, atau mungkin saat ini tengah mengalami proses pruning dari Tuhan?
2. Apa yang Anda rasakan dan bagaimana Anda menyikapi proses tersebut?
3. Jika Anda telah melaluinya, apa keuntungan yang Anda dapatkan dari proses pruning?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terimakasih Engkau telah mengajarkan kepada kami tentang pentingnya proses pruning dalam hidup kami. Ampuni kami jika dalam ketidak mengertian kami, sempat meragukan Engkau. Kini kami menyadari bahwa itu semua adalah proses untuk semakin memperlebat buah kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!