HAK & KEWAJIBAN [RAKA JOYFUL]

01 April 2023 admin RAKA Joyful

HAK & KEWAJIBAN [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Pengkhotbah 12:9-14

Rhema: Pengkhotbah 12:13

Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang.

Shalom Sahabat! Hari ini Sahabat diajak untuk melakukan kewajiban dengan baik. Apa itu kewajiban? Kewajiban adalah segala sesuatu yang kita lakukan. Biasanya kalau kita dengar kewajiban maka selalu berhubungan dengan hak. Nah Sahabat, hak itu segala sesuatu yang kita terima. Namun, hak dan kewajiban itu harus seimbang.

Contoh kita berhak menerima kasih sayang orang tua, kewajibannya terhadap orang tua kita adalah menghormati mereka. Seimbang kan? Sama halnya dengan melakukan firman Tuhan. Menuai berkat besar dari Tuhan itu adalah hak kita. Untuk menuai berkat itu maka ada kewajiban yang kita lakukan dengan baik.

Apa ya kewajibannya? Menurut Pengkhotbah 12:13 kewajiban Sahabat adalah melakukan perintah-perintah-Nya. Apa saja ya perintah-Nya? Dibagi menjadi 2:

  1. Perintah pertama adalah mengasihi Tuhan

Contoh: berdoa, baca Alkitab dan lakukan, akan membuat kehidupan Sahabat jadi lebih dekat  dengan Tuhan.

  1. Perintah kedua adalah mengasihi sesama

contoh: sayang orang tua, sayang saudara, suka menolong, terlebih lagi menjadi terang di manapun Sahabat berada baik di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.

Sudah tahu ya kewajiban Sahabat melakukan perintah-perintah-Nya dengan sukacita. Lakukan semua itu untuk menyenangkan hati Tuhan. (YC)

Doa hari ini:
Tuhan Yesus yang baik tolong aku  untuk melakukan kewajibanku yaitu melakukan perintah Tuhan setiap hari. Jadikanlah aku terang di manapun berada. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Yesaya 1

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Siapa tokoh Alkitab yang setia melakukan firman Tuhan, walau masa kecilnya diperlakukan tidak adil bahkan di jual sebagai budak?
  2. Siapa tokoh Alkitab yang melawan ketetapan Tuhan, sehingga Roh Tuhan meninggalkannya?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

 

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”56450″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful01april2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]