KISAH DANIEL [RAKA JOYFUL]

03 Juli 2023 admin RAKA Joyful

KISAH DANIEL [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Daniel 1:1-6

 

Rhema: Daniel 1:6

Di antara mereka itu ada juga beberapa orang Yehuda, yakni Daniel, Hananya, Misael dan Azarya.

Shalom Sahabat Fligo! Hari ini kita akan belajar kebenaran firman Tuhan tentang Daniel. Daniel adalah salah seorang pemuda Yahudi yang dibuang ke Babel. Pemberontakan bangsa Yehuda kepada Allah membuat mereka ditaklukkan oleh raja Nebukadnezar dari Babel. Meskipun pemuda buangan, tetapi Daniel berasal dari keluarga bangsawan, sangat cerdas, dan berperawakan baik. Hal itu membuatnya terpilih (bersama Sadrakh, Mesakh, dan Abednego). Mereka dipilih oleh Nebukadnezar untuk menerima pendidikan di istana Babel dan diharapkan untuk melayani di pemerintahan kerajaan.

Pada awal kedatangan mereka di Babel, Daniel menghadapi tantangan besar. Daniel diberi makanan dan anggur dari meja raja, tetapi makanan tersebut bertentangan dengan hukum makanan Yahudi yang diatur dalam Taurat. Daniel dan teman-temannya bertekad untuk tetap setia kepada Tuhan dan mematuhi hukum Taurat. Dalam percobaan ini, mereka menghadapi risiko besar, karena penolakan mereka terhadap makanan dan minuman raja dianggap sebagai penghinaan dan menyebabkan hukuman. Namun, Tuhan memberkati keberanian mereka dan memberikan mereka kelebihan pengetahuan dan kebijaksanaan.

Kisah ini menunjukkan kesetiaan dan ketekunan Daniel dan teman-temannya terhadap Tuhan, meskipun berada di lingkungan yang penuh dengan godaan. Allah melindungi dan memberkati mereka dengan kebijaksanaan dan kemampuan yang luar biasa. Daniel menjadi teladan bagi kita untuk tetap setia kepada Allah, meski di tengah-tengah tantangan dalam kehidupan sehari-hari. (SP)

 

Doa hari ini:
Terima kasih Tuhan buat kebenaran firman-Mu. Tuhan Yesus mulai hari ini kami mau belajar menjadi seperti Daniel, yang senantiasa setia kepada-Mu dalam kondisi apapun. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Yeremia 28

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Sudahkah Sahabat setia dalam membangun hubungan yang baik dengan Tuhan?
  2. Apa yang Sahabat lakukan jika dihadapkan godaan seperti yang Daniel dan teman-temannya alami?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”58565″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful03juli2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]