KISAH YEFTA [RAKA JOYFUL]

04 September 2023 admin RAKA Joyful

KISAH YEFTA [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Hakim 11:1-3

 

Rhema: Hakim 11:1

Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa, tetapi ia anak seorang perempuan sundal; ayah Yefta ialah Gilead.

Shalom Sahabat Fligo! Sahabat, tahukah kamu siapa itu Yefta? Yes, Yefta adalah seorang tokoh dari suku Gilead yang menjadi seorang hakim di Israel. Dia adalah anak seorang perempuan sundal dan Gilead. Ayahnya adalah Gilead, tetapi ia dikucilkan oleh saudara-saudaranya dan diusir dari rumah. Setelah itu, Yefta hidup di tanah Tob.

            Dalam ayat ini, kisah Yefta memang dimulai dari latar belakang keluarga yang rumit dan tidak baik. Ibu Yefta adalah seorang perempuan sundal, dan ia dianggap tidak sah oleh saudara-saudara seayah Yefta. Karena itu, Yefta diusir dari rumah oleh saudara-saudaranya dan dijauhkan dari warisan keluarga. Meskipun latar belakang keluarganya yang rumit, Yefta kemudian dikenal sebagai seorang pemimpin yang kuat dan berani. Dia dipanggil oleh orang-orang Gilead untuk memimpin mereka dalam pertempuran melawan suku Amon yang mengancam.

            Oleh karena itu, meskipun Yefta berasal dari latar belakang yang tidak baik, namun imannya kepada Tuhan tetap teguh meskipun ia ditolak dan dibenci oleh keluarganya sendiri dan para pemimpin Israel. Oleh karena itu, seburuk apapun yang menjadi masa lalu Sahabat, percaya bahwa Tuhan sanggup mengubah hal buruk menjadi baik. Asalkan kita tetap berpegang teguh dan selalu mengandalkan Tuhan. (SP)

 

Doa hari ini:
Terima kasih Tuhan buat kebenaran firman-Mu. Tuhan Yesus mulai hari ini aku mau belajar untuk hidup mengandalkan-Mu dan selalu beriman. Ampuniku bila selama ini kurang mengandalkan Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Yehezkiel 34

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Apa yang akan Sahabat lakukan ketika Sahabat berada di posisi Yefta yang ditolak dan dikucilkan?
  2. Sudahkah Sahabat selalu mengandalkan Tuhan dalam hidup?

Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”59638″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful04september2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]