DANIEL MENJAGA KESUCIAN DIRI [RAKA JOYFUL]

06 Juli 2023 admin RAKA Joyful

DANIEL MENJAGA KESUCIAN DIRI [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Daniel 1:7-10

 

Rhema: Daniel 1:8
Daniel berketapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya.

Daniel hidup di lingkungan yang penuh godaan. Ia dibawa ke Babel, sebuah tempat yang jauh dari rumahnya, dan dikelilingi oleh budaya yang bertentangan dengan kepercayaan dan nilai-nilai yang ia pegang. Meskipun demikian, Daniel tetap teguh memegang prinsip-prinsipnya. Pertama, Daniel memiliki prinsip yang kokoh. Ia memilih untuk tidak menajiskan dirinya dengan makanan yang melanggar hukum Allah. Ia berkomitmen untuk mempertahankan kesucian diri dan ketaatannya kepada Tuhan. Kedua, Daniel memiliki keberanian. Menolak makanan yang disajikan oleh raja bisa berarti risiko besar bagi Daniel. Namun, ia tetap berani dan takut akan Tuhan lebih dari takut akan manusia. Ia yakin bahwa Tuhan akan melindunginya. Ketiga, Daniel memiliki ketekunan. Ia tidak menyerah dalam menjaga kesuciannya. Ia bertahan selama tiga tahun, dan pada akhirnya, Tuhan memberkati dan mengangkatnya menjadi seorang pemimpin yang berpengaruh.

Renungan dari Daniel mengajarkan kita pentingnya menjaga kesucian diri dalam dunia yang banyak godaan ini. Kita harus memiliki prinsip yang kuat, keberanian untuk menentang godaan, dan ketekunan dalam menjalani hidup yang benar di hadapan Allah. Marilah kita mencontoh Daniel dan berusaha menjaga kesucian diri kita dalam segala hal yang kita lakukan. Ketika kita setia kepada Tuhan, Ia akan memberkati dan memimpin hidup kita, seperti yang Ia lakukan dengan Daniel.

 

Doa hari ini:
Tuhan Yesus, terima kasih untuk firman-Mu hari ini. Kami mau belajar seperti Daniel yang menjaga kesucian diri. Kami mau taat akan perintah-Mu. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Yeremia 31

Pertanyaan hari ini:

  1. Apa saja prinsip yang Daniel punya?
  2. Berapa lama Daniel bertahan hingga akhirnya diangkat menjadi pemimpin?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”58568″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful06juli2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]