DOA PUASA MENDATANGKAN KUASA [RAKA JOYFUL]

06 Mei 2023 admin RAKA Joyful

DOA PUASA MENDATANGKAN KUASA [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: 2 Tawarikh 20 : 1 – 30

Rhema: 1 Yohanes 5 : 14
Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

 

Sahabat Fligo, salah satu manfaat puasa adalah mengajar kita untuk merendahkan diri di hadapan Tuhan. Berpuasa berarti mengakui kita lemah, tidak berdaya, dan membutuhkan tangan Tuhan untuk menolong. Tidak heran, setiap tokoh Alkitab merasa putus asa, takut, dan menemui jalan buntu, mereka memilih untuk berpuasa.

Sahabat Fligo pasti ingat kisah Ester yang mengajak seluruh kaumnya berpuasa tiga hari tiga malam agar kaumnya tidak dibinasakan oleh raja Ahasyweros. Ada bangsa Niniwe yang berpuasa agar tidak dihukum Tuhan atas dosa dan pelanggaran mereka. Dan dalam bacaan kita, ada raja Yosafat yang mengajak seluruh bangsanya berpuasa. Karena hatinya sudah takut. Uniknya, tokoh-tokoh itu selalu mendapat pertolongan Tuhan dengan cara yang Ajaib. Bahkan bangsa yang mau menyerang bangsa Yehuda, malah akhirnya saling menyerang.

Di zaman sekarang, kita tidak memiliki musuh seperti tokoh di Alkitab. Musuh kita bisa dalam bentuk masalah atau kelemahan. Apa musuh Sahabat Fligo yang paling besar dan menakutkan saat ini? Apakah itu tidak pintar? Ataukah rasa tidak percaya diri? Atau mungkin musuh Sahabat Fligo adalah dosa? Dengan kekuatan diri sendiri, kita tidak akan bisa mengalahkan musuh-musuh kita. Tapi dengan merendahkan diri dan mencari wajah Tuhan lewat doa dan puasa, kita akan diberi kuasa untuk mengalahkan musuh-musuh dalam kehidupan kita. Jadi, jangan pernah ragu untuk berdoa dan berpuasa. (DV)

Doa hari ini:
Terima kasih Tuhan, karena Tuhan selalu mendengar setiap doa-doaku. Aku mau belajar merendahkan diri dan berpuasa. Mampukan aku Tuhan, agar doa dan puasaku berkenan di hati Tuhan. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Yesaya 36

Pertanyaan hari ini:

  1. Apakah saat ini ada masalah yang membuat Sahabat Fligo begitu takut?
  2. Pernahkah Sahabat Fligo mengalami mujizat setelah berdoa dan berpuasa?

Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”57212″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful06mei2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]