BANGSA ISRAEL MENJADI BUDAK DI MESIR [RAKA JOYFUL]

07 Agustus 2023 admin RAKA Joyful

BANGSA ISRAEL MENJADI BUDAK DI MESIR [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Keluaran 6:1-6

Rhema: Keluaran 6:5

Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat.

Bangsa Israel tinggal di Mesir selama 430 tahun, mereka mulai tinggal di Mesir semasa terjadinya kelaparan hebat. Pada masa itu, bangsa Israel bertumbuh kembang dalam hal jumlah dan kekuatan di tanah Mesir. Tetapi ketika mereka menjadi lebih kuat, orang-orang Firaun ingin menghancurkan bangsa Israel. Mereka memaksa bangsa Israel bekerja rodi karena ia takut kekuatan mereka akan melampaui bangsa Mesir. Firaun membuat kehidupan bangsa Israel bertambah pahit dengan membebankan lebih banyak pekerjaan kepada mereka dan memerintahkan membunuh setiap anak laki-laki Israel yang baru lahir. Bangsa Israael mengalami begitu banyak penderitaan saat masa perbudakan di Mesir.

Mengapa Tuhan membiarkan penderitaan, kesedihan dan sakit hati kepada orang-orang Israel? Seringkali kita menganggap bahwa Tuhan tidak adil karena membuat kita dalam suatu masalah, tetapi kita perlu tahu bahwa Roma 8:28 menyatakan kalau Allah mengasihi orang-orang yang dianggap-Nya anak, sehingga Dia “bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi orang-percaya”. Itu berarti pencobaan dan siksaan diijinkan terjadi dalam hidup kita untuk mendatangkan kebaikan. Karena itu, bagi anak-anak-Nya yang percaya, pasti Tuhan lepaskan dan bebaskan dari semua pencobaan, penderitaan atau siksaan. Tuhan Allah bekerja sesuai dengan waktu dan rencana-Nya. Yuk tetap setia dan tetap berpegang teguh pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari firman Tuhan. (YOL)

 

Doa hari ini:
Tuhan Yesus, terima kasih buat kasih-Mu dalam hidupku. Hari ini aku sudah belajar bahwa segala yang Tuhan rancangkan dalam hidupku mendatangkan kebaikan sekalipun aku dalam pencobaan. Tuhan Yesus, aku percaya pertolongan-Mu ajaib dalam hidupku. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Yehezkiel 6

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Mengapa Tuhan ijinkan bangsa Israel mengalami perbudakan di tanah Mesir?
  2. Apa yang bisa kita lakukan disaat kita mengalami penderitaan atau kesusahan?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”59103″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful07agustus2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]