GERAKAN DOA PUASA [RAKA JOYFUL]

07 Mei 2023 admin RAKA Joyful

GERAKAN DOA PUASA [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Matius 6:5-18

Rhema: Yesaya 58:4 

Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.

Di dalam Alkitab, kita banyak menjumpai para tokoh besar yang berpuasa. Seperti misalnya raja Daud, Daniel, Ester, nabi Elia, Yohanes pembaptis, bahkan Tuhan Yesus juga berpuasa lho. Mereka adalah tokoh-tokoh hebat dan terkenal. Kenapa ya mereka mau berdoa dan berpuasa? Padahal kan doa puasa itu pastinya tidak enak. Kita jadi ga bisa makan, ngemil snack, dan harus memperbanyak waktu buat berdoa.

Kalau doa puasa tidak ada faedahnya, pastilah tokoh-tokoh di Alkitab tidak akan melakukan doa puasa kan? Saat kita berdoa puasa, kita jadi bisa semakin mendekat pada Tuhan. Waktu yang kita biasanya pergunakan untuk makan atau ngemil sambil nonton tv, bisa kita alihkan untuk baca Alkitab, berdoa, merenungkan setiap kebaikan Tuhan, ataupun berdoa bagi pokok doa kita. Namun berdoa puasa tidak hanya menahan diri dari makanan saja lho. Kita juga harus menahan diri dari godaan dan amarah, serta belajar untuk lebih sabar.

Sahabat Fligo terkasih, saat ini gereja kita sedang ada kegerakan doa puasa bersama lho. Yuk kita ikuti kegerakan doa puasa ini bersama-sama dengan teman-teman dan keluarga kita. Mungkin Sahabat merasa ragu apakah mampu dan kuat untuk berpuasa, tapi ingat bahwa kita punya Tuhan. Mintalah kepada Roh Kudus untuk menguatkan kita saat berdoa dan berpuasa. Pastilah hati Tuhan disenangkan. (LC)

 

Doa hari ini:
Tuhan Yesus terima kasih untuk firman-Mu hari ini. Aku mau belajar untuk berpuasa dengan baik dan benar, tidak hanya menahan lapar, namun semakin mendekat kepada-Mu dan mempermuliakan nama-Mu. Haleluya. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Yesaya 37

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Apakah Sahabat sudah pernah berpuasa? Coba ceritakan bagaimana Sahabat menjalani puasamu.
  2. Apa saja yang sebaiknya kita lakukan saat kita berpuasa?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”57213″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful07mei2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]