YAKUB BERGUMUL DAN MENANG [RAKA JOYFUL]

12 Januari 2024 admin RAKA Joyful

YAKUB BERGUMUL DAN MENANG [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Kejadian 32:22-32

 

Rhema: Kejadian 32:28
Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.”

 

Salah satu kisah yang cukup terkenal di dalam Alkitab adalah pergulatan Yakub dengan Allah. Pada suatu malam ada seorang pria bergulat dengan Yakub. Selama proses pergulatan ini Yakub akhirnya menyadari bahwa dia telah bergulat melawan Allah dan memang (Kej. 32:28, 30). Dari kisah ini kita juga tahu perubahan nama dari “Yakub” menjadi “Israel” (Kej. 32:28).

Singkat cerita, Yakub sangat ketakutan dan tertekan karena ia harus menghadapi Esau yang memiliki dendam padanya. Dia sudah mengatur strategi untuk menyuap Esau supaya amarahnya reda. Dia memastikan bahwa orang terakhir yang akan dijumpai oleh Esau adalah dirinya. Seluruh budak dan keluarganya sudah disuruh maju ke depan mendahului dia. Dia memang pejuang sejati. Dia ingin memastikan segala sesuatu berada dalam tangannya.

Di tengah kondisi seperti inilah Allah menjumpai dia. Peristiwa ini sungguh-sungguh mengubahkan Yakub. Dia menyadari kelemahannya. Dia menangis dan memohon belas kasihan. Dia belajar untuk kembali kepada Allah dengan sepenuhnya, yaitu belajar untuk menantikan Allah senantiasa dan tidak menentukan semua dengan usahanya sendiri. Dia menyadari kasih karunia Allah secara penuh dalam hidupnya. Dia melihat Allah tetapi tidak mengalami kematian. Dia tidak ingin ditinggalkan sendirian tanpa berkat Tuhan. Kepincangannya menjadi bukti tentang kelemahannya, tetapi sekaligus kemenangannya. Yakub akhirnya memahami dan menyandarkan diri sepenuhnya pada kasih karunia Allah. Dia perlu menantikan Allah dengan tenang.

 

Doa hari ini:
Terima kasih Tuhan untuk kebaikan-Mu. Ajar kami menyadari kelemahan kami dan senantiasa mengandalkan kekuatan-Mu. Kami mau menantikan-Mu lebih lagi. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Matius 17

Pertanyaan hari ini:

  1. Siapa nama Israel sebelumnya?
  2. Apa upaya Yakub untuk meredakan amarah Esau?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

JUMAT