AYAH YESUS [RAKA JOYFUL]

14 Desember 2023 admin RAKA Joyful

AYAH YESUS [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Matius 1:18-25

Rhema: Matius 1:19
Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

Bapa mempercayakan Yusuf sebagai ayah duniawai bagi Anak yang sangat dikasihi-Nya, yaitu Yesus karena karakter Yusuf. Berikut beberapa karakter Yusuf:

  1. Righteous (Hidup Benar)
    Dalam Matius 1:19 disebutkan Yusuf seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan Maria. Yusuf dipilih sebagai ayah Yesus karena dia adalah seorang yang benar di mata Tuhan.
    2. Taat kepada Tuhan
    Ketaatan Yusuf begitu nyata dalam berbagai kejadian. Meskipun mungkin jalan Tuhan bukan jalan yang pernah ia bayangkan sebelumnya, ia tetap memilih untuk taat. Ia memilih untuk mengikuti rencana Tuhan dengan menikahi Maria. Ketika Yusuf diminta untuk pergi dari satu kota ke kota lain pun, dia tetap ikuti meskipun perjalanan ini melelahkan dan membutuhkan banyak energi, waktu, serta uang.
    3. Memiliki Self- Sacrifice & Self-Control
    Karakter Yusuf yang lain adalah rela berkorban dan mengendalikan diri. Ia mengesampingkan kepentingan pribadinya di atas kepentingan Tuhan. Berpindah-pindah dari satu kota ke kota yang lain, ke Betlehem, Mesir, Nazareth, itu pun butuh hati yang rela berkorban.
    4. Bertanggung Jawab
    Yusuf adalah seorang yang bertanggung jawab. Ia mencari anaknya yang hilang selama tiga hari. Mereka kehilangan Yesus dalam perjalanan dari Yerusalem ke Nazaret.

Apakah kita seorang yang hidupnya benar, taat, rela berkorban, punya pengendalian diri, dan juga bertanggung jawab? Sahabat Fligo, mari kita latih karakter-karakter Yusuf ini dalam hidup kita. (W2)

Doa hari ini:
Tuhan Yesus, kami mau belajar memiliki karakter seperti Yusuf, yang hidup dalam kebenaran, taat pada Tuhan, rela berkorban dan dapat mengendalikan diri serta bertanggung jawab. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Zakharia 6

Pertanyaan hari ini:
1.
Sahabat, sebutkan empat karakter Yusuf, suami Maria, sehingga dia dipilih oleh Allah Bapa menjadi ayah Tuhan Yesus di dunia ini?
2.
Sahabat, karakter apa saja yang sudah Sahabat miliki saat ini? Jelaskan secara singkat!
3.
Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”61164″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful14desember2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]