ISRAEL PINDAH KE MESIR [RAKA JOYFUL]

14 Januari 2024 admin RAKA Joyful

ISRAEL PINDAH KE MESIR [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Kejadian 46:1-34

Rhema: Kejadian 46:5
Lalu berangkatlah Yakub dari Bersyeba, dan anak-anak Israel membawa Yakub, ayah mereka, beserta menaiki kereta yang dikirim Firaun untuk menjemputnya.

 

Yusuf, salah satu anak Yakub, menjadi seorang pejabat tinggi di Mesir dan mengundang keluarganya untuk tinggal di sana agar terlindungi dari kelaparan yang melanda tanah Kanaan. Dalam keputusannya membawa keluarganya ke Mesir, Yusuf menunjukkan kepedulian, kasih sayang, dan tanggung jawab terhadap keluarganya. Ini mengajarkan kita pentingnya membantu orang lain ketika mereka membutuhkan bantuan.

Kisah ini juga mengajarkan tentang pengampunan dan penyatuan kembali keluarga. Meskipun Yusuf mengalami masa sulit akibat perlakuan saudaranya di masa lalu, ia tetap memaafkan mereka dan menyambut mereka dengan tangan terbuka. Ini menjadi contoh bagaimana kebaikan hati, kesediaan untuk memaafkan, dan kesempatan kedua bisa membawa kebahagiaan kepada semua orang. Cerita ini juga mengajarkan bahwa kadang-kadang perubahan besar dalam hidup bisa menjadi kesempatan untuk memulai kembali dan membangun hidup yang lebih baik. Pindah ke Mesir menjadi langkah besar bagi keluarga Yakub, namun itu membawa keselamatan dan kehidupan yang lebih baik bagi mereka.

Dengan demikian, kisah tentang keluarga Yakub yang pindah ke Mesir atas permintaan Yusuf memperlihatkan kepada kita nilai-nilai seperti kepedulian, pengampunan, dan kesempatan baru dalam hidup yang bisa dipahami sebagai bagian penting dalam membentuk karakter dan sikap terhadap kehidupan.

 

Doa hari ini:
Tuhan Yesus, kami bersyukur untuk kebaikan-Mu. Kami belajar pentingnya membantu orang lain, mau mengampuni dan berjuang untuk keluarga kami. Mampukan kami Tuhan. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Matius 19

Pertanyaan hari ini:

  1. Siapa anak Yakub yang menjadi pejabat tinggi di Mesir?
  2. Apa alasan Israel pindah ke Mesir?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

 

MINGGU