HUMILITY AND OBEDIENCE [RAKA JOYFUL]

16 Februari 2023 admin RAKA Joyful

HUMILITY AND OBEDIENCE [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: 2 Raja-Raja 5:1-14

Rhema: 2 Raja-Raja 5:14
Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu.  Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.

 

Sahabat Fligo, ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dalam kisah Naaman :

  1. Ketaatan dan kerendahan hati merupakan kunci untuk mengalami mujizat Tuhan.

Elisa menyuruh Naaman untuk mandi dalam air sungai Yordan yang keruh kecoklatan sebagai cara sederhana untuk menunjukkan kerendahan hati dan ketaatan.  Naaman hampir tidak taat karena kesombongannya sebagai seorang yang terpandang dan berkedudukan tinggi.  Namun akhirnya, ia mau merendahkan diri dan taat. Naaman sadar bahwa kesembuhan yang ia alami adalah berasal dari kuasa Tuhan melalui sabda nabi-Nya.

  1. Kesembuhan Naaman tidak membuat nabi Elisa berbangga diri dan merasa berjasa

Sebagai seorang hamba Allah, ia hanya melaksanakan apa yang Allah perintahkan kepadanya. Dan oleh karena itu, ia merasa bahwa mujizat apapun yang terjadi bukan disebabkan oleh dirinya melainkan oleh Allah sendiri.  Dan untuk itu, nabi Elisa tidak menerima persembahan atau pemberian apapun dari orang yang disembuhkan Tuhan melalui pelayanannya.  Naaman hendak memberikan pemberian yang banyak kepada nabi Elisa tapi ia menolaknya.

  1. Kesembuhan yang Allah berikan tidak dapat dibayar dengan uang
    Penyembuhan Naaman adalah tindakan kemurahan Allah yang sama sekali tidak dapat dibayar dengan uang. Yang Allah inginkan hanyalah agar setiap orang mengabdi kepada-Nya seumur hidup.  Kesetiaan dan ketaatan kepada Tuhan merupakan yang diinginkan Tuhan dari setiap orang. (W2)

Doa hari ini:

Tuhan Yesus, kami belajar rendah hati dan taat untuk dapat melayani Engkau dengan tulus seperti Naaman yang bertobat dan rela dibentuk oleh-Mu. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 8

Pertanyaan hari ini:

  1. Sahabat, apa kunci Naaman sembuh dan mengalami mujizat dari Allah? Jelaskan secara singkat jawaban Sahabat?
  2. Apa perbedaan nabi Eliza dan Gehazi? Ganjaran apa yang diberikan Allah kepada nabi Eliza dan Gehazi atas perbuatan mereka?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”55481″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful16februari2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]