KISAH NIKODEMUS [RAKA JOYFUL]

17 Oktober 2023 admin RAKA Joyful

KISAH NIKODEMUS [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Yohanes 3:1-15

 

Rhema: Yohanes 3:1

Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi.

Shalom Sahabat Fligo! Sahabat, tahukah kamu siapa itu Nikodemus? Dan bagaimana kisah dari Nikodemus? Kali ini, kita akan belajar dari kisah Nikodemus. Nikodemus adalah seorang tokoh Farisi yang dikenal sebagai seorang Farisi dan anggota Sanhedrin, yaitu badan pengadilan agama Yahudi yang tinggi pada zamannya. Nikodemus pertama kali muncul dalam kitab Yohanes, pasal 3, di mana ia datang menemui Yesus pada malam hari untuk berbicara dengannya. Pertemuan ini terkenal karena Yesus mengajarkan tentang kelahiran rohani kepada Nikodemus.

Lalu, Yesus merespons Nikodemus dengan mengajarkan tentang konsep kelahiran rohani. Yesus menjelaskan bahwa kelahiran rohani adalah hasil dari iman dalam Dia, Anak Manusia, yang akan disalibkan untuk menebus dosa-dosa manusia. Yesus menggambarkan bahwa seperti Musa meninggikan ular tembaga di padang gurun agar orang-orang yang tergigit ular beracun dapat sembuh dengan melihatnya, demikian pula Anak Manusia akan ditinggikan, dan mereka yang percaya pada-Nya akan mendapat hidup kekal. Kisah Nikodemus mengandung pesan tentang perlunya lahir baru secara rohani melalui iman dalam Yesus Kristus untuk memasuki Kerajaan Allah.

            Oleh karena itu, melalui kisah Nikodemus ini kita sebagai anak-anak Allah diingatkan bahwa betapa pentingnya iman dalam Yesus Kristus sebagai jalan untuk mendapatkan keselamatan dan hidup kekal. Maka senantiasalah setiap kita memiliki iman yang besar dan teguh akan Allah. (SP)

Doa hari ini:

Terima kasih Tuhan buat kebenaran firman-Mu. Tuhan Yesus mulai hari ini aku mau lahir baru dengan memiliki iman yang besar pada-Mu. Ajari aku ya Tuhan, untuk selalu bersandar dan percaya pada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Yoel 3

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Sudahkah Sahabat memiliki iman, seperti yang Tuhan minta dalam hidup Sahabat?
  2. Bagaimana cara Sahabat membangun iman tersebut?
  3. Dari firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”60295″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful17oktober2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]