ABDI MUSA JADI PEMIMPIN [RAKA JOYFUL]

18 September 2023 admin RAKA Joyful

ABDI MUSA JADI PEMIMPIN [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Keluaran 33: 9-12

 

Rhema: Keluaran 33: 11

Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu.

Shalom Sahabat Fligo! Sahabat, tahukah kamu bahwa Yosua awalnya adalah seorang abdi atau pelayan Musa sebelum ia menjadi seorang pemimpin besar dalam sejarah bangsa Israel. Yosua bin Nun adalah salah satu dari dua belas mata-mata yang dikirim oleh Musa untuk menjelajahi Tanah Perjanjian yang dijanjikan (Kanaan). Yosua selalu mengikuti ke manapun Musa pergi. Dia adalah seorang tokoh yang setia dan dipercayai oleh Musa. Bahkan saat kehidupan di padang gurun pun, Yosua selalu hadir di dekat Musa dan melihat segala yang terjadi.

Namun, tidak lama setelah kematian Musa, Yosua ditunjuk oleh Allah sebagai pemimpin baru bagi bangsa Israel untuk memimpin mereka dalam penaklukan tanah perjanjian. Dia menggantikan peran penting Musa dan menjadi salah satu tokoh penting dalam sejarah Israel. Setelah peristiwa tersebut, Yosua memimpin bangsa Israel melintasi sungai Yordan ke dalam tanah perjanjian dan memimpin mereka dalam penaklukan kota-kota di sana.

            Yosua adalah seorang pemimpin yang setia kepada Allah dan memimpin bangsa Israel dalam ketaatan terhadap perintah Allah. Yosua memimpin bangsa Israel dengan hikmat dan pengertian. Oleh karena itu, marilah setiap kita anak-anak Allah belajar dari kehidupan Yosua yang dari masa mudanya sudah setia dan selalu mengandalkan Tuhan dalam hidupnya. Sehingga setiap apapun yang kita lakukan dibuat Tuhan berhasil dan beruntung. (SP)

 

Doa hari ini:
Terima kasih Tuhan buat kebenaran firman-Mu. Tuhan Yesus mulai hari ini aku mau belajar untuk hidup taat dan setia kepada-Mu, seperti yang dilakukan Yosua pada masa hidupnya. Agar dari masa mudaku, hidupku selalu menjadi kemuliaann bagi nama-Mu. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Yehezkiel 48

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Sudahkah Sahabat hidup taat dan setia kepada Tuhan?
  2. Apa yang Sahabat lakukan untuk menyenangkan hati Tuhan?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”59828″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful18september2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]