SIAPAKAH HANA? [RAKA JOYFUL]

19 Desember 2023 admin RAKA Joyful

SIAPAKAH HANA? [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Lukas 2:36-37

 

Rhema   : Lukas 2:36

Lagipula di situ ada Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer. Ia sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah kawin ia hidup tujuh tahun lamanya bersama suaminya.

 

Shalom Sahabat Fligo! Sahabat, hari ini kita akan belajar tentang salah satu tokoh dalam Alkitab yang sangat bersejarah, yaitu Hana. Hana adalah seorang nabi perempuan dalam kitab perjanjian Baru. Dia adalah seorang perempuan yang hidup pada zaman Yesus. Menurut Kitab Lukas, Hana adalah seorang janda yang sangat tua dan pertapa di Bait Allah di Yerusalem.

Ketika Maria dan Yusuf membawa bayi Yesus ke Bait Allah sesuai dengan hukum Taurat, Hana datang ke sana. Hana mengenali Yesus sebagai Mesias yang dinantikan dan memberikan pujian kepada Tuhan. Dia juga memberitakan berita tentang Yesus kepada semua orang yang menantikan kelepasan di Yerusalem. Sebagai seorang pertapa di Bait Allah, Hana mungkin menjalani kehidupan yang penuh dengan doa, pertobatan, dan ketaatan kepada Taurat. Kehadirannya di Bait Allah menunjukkan hubungan yang erat dengan Tuhan, dan pujian serta nubuatnya menggambarkan keimanan yang mendalam. Hana menunjukkan kesetiaan dan pengharapannya kepada Tuhan.  Hidupnya mencerminkan kepercayaan pada janji-janji Tuhan dan kesediaan untuk membagikan pengharapannya kepada orang lain.

Oleh karena itu, melalui kehidupan Hana, kita dapat belajar bahwa kita perlu kehidupan rohani yang baik. Supaya lewat kehidupan rohani kita, kita dapat memperdalam hubungan kita dengan Allah, selain itu kita juga dapat membagikan kesaksian akan kebaikan Tuhan dalam hidup kita kepada semua orang. Supaya orang yang tidak mengenal Yesus, dapat mengenal-Nya dan percaya kepada-Nya. (SP)

Doa hari ini:

Terima kasih Tuhan buat kebenaran firman-Mu. Tuhan Yesus mulai hari ini aku mau belajar untuk senantiasa hidup dalam kebenaran firmanMu. Ajari aku ya Tuhan, untuk selalu membangun mezbahMu setiap saat dalam hidupku. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin

 

Bacaan Alkitab setahun: Zakharia 11

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Apakah sahabat ingin memiliki sifat dan sikap seperti Hana?
  2. Pernahkah sahabat membangun kehidupan rohani kepada Tuhan, seperti membaca firman dan saat teduh?
  3. Dari firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”61119″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful19desember2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]