TAAT DAN SETIA [RAKA JOYFUL]

19 September 2023 admin RAKA Joyful

TAAT DAN SETIA [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Yosua 1:1-11

 

Rhema: Ulangan 28:1

“Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.

Ada seorang raja yang hendak mengangkat hambanya menjadi perdana menteri. Raja ini memiliki beberapa kandidat, tapi dia kebingungan memilih siapakah yang pantas diangkat menjadi menteri. Timbullah ide dalam pikiran sang raja. Dia menyuruh seseorang menyamar menjadi mata-mata dan menguji beberapa kandidat tersebut. Mata-mata tersebut mendatangi para kandidat satu demi satu dan menguji mereka.  Mereka diuji akan diberikan harta dalam jumlah yang sangat besar asalkan mau memberontak dan bersekongkol melengserkan raja. Diantara para kandidat itu, hanya satu yang menolak mentah-mentah godaan dari si mata-mata tersebut. Kandidat yang satu ini sangatlah setia kepada rajanya. Setelah sang raja mendapatkan laporan dari mata-matanya, segeralah dia mengangkat kandidat yang setia itu menjadi perdana menterinya.

Sahabat Fligo, kesetiaan adalah salah satu kunci supaya seseorang bisa diangkat hidupnya menjadi pemimpin. Salah satu contohnya adalah Yosua. Yosua setia mendampingi Musa dan sudah mengabdi kepada Musa sejak dari masa mudanya. Selain setia, Yosua juga seseorang yang taat kepada pemimpinnya. Karena kesetiaan dan ketaatannya, Yosua diangkat Tuhan menjadi pemimpin bangsa Israel setelah Musa meninggal. Tuhan juga menyertai setiap langkah Yosua dalam memimpin umat-Nya. Hari ini kita mau belajar memiliki sifat seperti Yosua yang tetap setia dan taat kepada Tuhan. (LC)

Doa hari ini:

Terima kasih ya Tuhan untuk firman-Mu hari ini. Ya Tuhan, aku mau belajar seperti Yosua, menjadi anak yang setia dan juga taat. Tuntun langkahku ya Tuhan. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Daniel 1

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Siapakah pengganti Musa dalam memimpin bangsa Israel memasuki tanah perjanjian?
  2. Menurutmu, kenapa Tuhan memilih Yosua untuk memimpin bangsa Israel?
  3. Dari firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”59829″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful19september2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]