SETIA MENGEMBANGKAN TALENTA [RAKA JOYFUL]

25 Januari 2024 admin RAKA Joyful

SETIA MENGEMBANGKAN TALENTA [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Matius 25:14-30

Rhema: Matius 25:21

Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

 

Sahabat, dalam Matius 25:20-21 ada hikmat yang dapat kita pelajari. Hamba yang baik adalah mereka yang mengembangkan talentanya. Setiap talenta yang Tuhan beri harus kita pergunakan sebaik-baiknya dan kembangkan. Baik talenta berupa kemampuan, materi, tenaga, jabatan, ilmu, kesehatan, atau apapun itu harus kita kembangkan. Tuhan senang saat kita mempergunakan talenta dengan baik.

Setiap orang yang dengan setia mengerjakan dan mengembangkan talenta yang Tuhan berikan kepadanya akan memperoleh lebih hingga melimpah, namun yang tidak mengembangkannya dari padanya akan diambil. Jangan sekali-kali kita menyia-nyiakan talenta yang Tuhan percayakan bagi kita. Intinya sebenarnya bukanlah seberapa banyak talenta yang kita punya. Namun bagaimana kita mengembangkan talenta yang Tuhan percayakan kepada kita. Jangan heran orang-orang yang setia semakin diberkati sedangkan yang tidak setia, dari padanya akan diambil.

Tidak perlu meminta talenta yang besar, namun kembangkan talenta yang Tuhan beri dengan sebaik-baiknya. Tuhan senang orang yang mempergunakan talentanya dengan baik dan dengan senang hati akan melimpahkannya. Tidak perlu fokus pada talenta orang lain yang mungkin lebih besar, kembangkanlah talentamu hingga berlimpah. Barang siapa setia terhadap perkara kecil, kapadanya akan dipercayakan perkara yang lebih besar. Berkat yang besar akan datang kepada mereka yang menggunakan talenta mereka dengan benar. (W2)

 

Doa hari ini:
Tuhan Yesus, kami mau setia mengembangkan semua talenta yang telah Tuhan percayakan kepada kami sehingga kami dapat menjadi anak-Mu yang baik. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Markus 2

Pertanyaan hari ini:

  1. Sahabat, apa yang dilakukan hamba yang baik sehingga mendapat pujian tuannya dalam bacaan hari ini?
  2. Sebelum mengembangkan talenta yang Tuhan berikan kepada kita, tentunya kita harus tahu apa saja talenta dalam diri kita. Sebutkan semua talenta yang Tuhan berikan kepada Sahabat!
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

KAMIS