KISAH AKAL DAN BUDI [RAKA JOYFUL]

27 Januari 2023 admin RAKA Joyful

KISAH AKAL DAN BUDI [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Lukas 19: 1-11

Rhema: Markus 12: 30

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu

 

 

Ada dua orang pedagang bernama Akal dan Budi. Akal selalu punya cara untuk memperoleh keuntungan yang besar, sedangkan Budi selalu bersikap baik dan mengalah dalam berjualan. Namun sayang itu semua mempengaruhi kehidupan mereka. Akal menggunakan cara yang licik dalam berjualan, meskipun ia memperoleh keuntungan besar tapi banyak orang membencinya. Sedangkan Budi meski banyak orang yang datang membeli barang dagangannya, tapi ia mengalami kerugian karena ia sering menjual dengan harga murah karena kasihan dengan para pembelinya.

Sampai suatu saat Akal dan Budi saling bercerita tentang hidup mereka. Betapa terheran-herannya Akal begitu mengetahui cara Budi berjualan. Demikian juga Budi, betapa kagetnya dia mengetahui betapa liciknya Akal dalam berjualan. Sampai akhinya mereka masing-masing menyadari bahwa cara mereka dalam berjualan selama ini adalah salah. Dan kemudian mereka memutuskan untuk berjualan bersama. Mereka berdua mendapatkan keuntungan yang sepantasnya dari hasil penjualan mereka.

Dari ilustrasi di atas, yang dimaksud akal budi adalah kemampuan manusia untuk berusaha dan berpikir mana yang baik dan benar mana yang tidak baik atau salah. Dan dengan akal budi ini kita jadi tahu bahwa kita harus menyembah Allah dan menyembah serta mengasihi Allah dengan benar. Contohya saat beribadah kita beribadah dengan sungguh-sungguh tidak main atau mengobrol atau bahkan bermain hp saat beribadah. Akal budi menuntun kita untuk menyembah Allah dan dengan akal budi membantu kita menyembah Allah dengan benar. (R2TAN)

 

Doa hari ini:
Bapa, terima kasih karena Engkau tidak hanya menjadikan kami ciptaan yang sempurna dan berharga. Kami mau dan tolong mampukan kami untuk tetap setia memakai akal budi kami untuk mengasihi-Mu. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 138

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Apakah yang dimaksud dengan akal budi?
  2. Dalam Lukas 19: 1-11 siapakah nama tokoh yang mengasihi Allah dengan segenap akal budinya? Dan apa yang ia lakukan?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”55014″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful27januari2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]