ODGJ [RAKA JOYFUL]

31 Agustus 2023 admin RAKA Joyful

ODGJ [RAKA JOYFUL]

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]

Bacaan: Markus 5:1-20

 

Rhema: Lukas 15:4

“Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?

 

Suatu hari ketika Remi sedang menonton konten kesukaannnya di sebuah kanal video, dan tidak sengaja ada sebuah konten lewat di berandanya, di mana di sana ada seorang relawan yang tampak sedang menangani Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ). Di video itu tampak terlihat secara fisik bahwa dia tidak terawat, mulai dari pakaian yang menjadi hitam pekat dan sobek sana-sini bahkan nyaris terbuka, dengan kulit kotor dan rambut sudah mulai menggumpal,  karena memang ODGJ itu tidak pernah mandi dan membersihkan diri, nampak juga dari tatapan matanya yang kosong dan seperti tanpa arah atau harapan, hidupnya sendiri tanpa ada siapapun yang memperhatikan, bahkan kemungkinan keluarganya sudah tidak peduli,  dan lebih menyedihkan adalah menganggapnya tidak hidup di dunia lagi.

Ingatkah Sahabat dengan kisah seseorang yang kerasukan dan tinggalnya di pekuburan di daerah orang Gerasa. Pekuburan ini tempat yang bagi masyarakat Yahudi adalah tempat najis, tidak ada seorangpun yang mau datang ke situ, bagi orang yang kerasukan roh jahat tersebut pasti sudah tidak ada harapan ia pulih dan sehat seperti orang lain, tapi peristiwa yang ditulis di Alkitab ini mengingatkan bahwa Tuhan Yesus mengusir roh jahat itu dari padanya sehingga ia menjadi sadar dan waras kembali (Mrk 5:15). Itu karena Tuhan sanggup memulihkan kehidupan. Dan hidup kita berharga di mata Tuhan. (AKB)

 

Doa hari ini:
Tuhan Yesus, terima kasih sudah mengasihi-Ku, aku sangat percaya bahwa saat aku di dalam-Mu aku dimerdekakan dalam segala hal bahkan dari pikiran yang jahat sekalipun. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Yehezkiel 30

Pertanyaan hari ini:

  1. Percayakah Sahabat bahwa dalam nama Tuhan Yesus kita semua sudah dimerdekakan?
  2. Apakah Sahabat menyadari bahwa hidupmu berharga?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

 

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”59534″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_btn title=”Download PDF Aktivitas” shape=”square” color=”warning” align=”center” i_icon_fontawesome=”” button_block=”true” add_icon=”true” link=”url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful31agustus2023.pdf|||”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/3″][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_single_image image=”46869″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][vc_column width=”1/3″][/vc_column][/vc_row]