SAULUS [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Kisah Para Rasul 9: 1-18

Rhema: 1 Korintus 15: 10
Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.

 

Saulus adalah orang Yahudi yang sangat agamawi, ia berasal dari suku Benyamin yang lahir di Tarsus, Kalikia. Meski demikian ia memiliki kewarganegaraan Roma dan dibesarkan di Yerusalem di bawah ajaran Gamaliel seorang guru agama yang sangat terkenal.

Pada masa mudanya ia hidup sesuai tata cara orang Farisi yang taat pada hukum Taurat. Oleh karena itu saat murid-murid Yesus mulai menyebarkan ajaran Yesus, Saulus berusaha menghalanginya. Bahkan ia meminta surat kuasa pada Imam besar untuk menangkap para pengikut Yesus untuk dihukum dan tidak segan menganiaya mereka .

Namun dalam perjalanannya ke Damsyik, Saulus mengalami perjumpaan dengan Yesus dan menjadi buta selama tiga hari. Sampai ia disembuhkan dan dibaptis oleh Ananias dan berganti nama menjadi Paulus. Dan semenjak itu ia menjadi pribadi yang diubahkan, pribadi yang berani memberitakan ajaran Yesus bahkan pada orang-orang diluar Yahudi. Dan dari tindakannya itu banyak orang yang menjadi percaya kepada Yesus. Ia tidak hanya mengajar tapi juga membantu jemaat-jemaat yang tidak mampu. Lewat surat-surat yang ditulisnya kita tahu Rasul Paulus beberapa kali dipenjarakan bahkan dianiaya. Sampai akhir hidupnya ia menjadi salah satu rasul yang paling berpengaruh dalam penyebaran ajaran Yesus.

Sahabat, perubahan pribadi Saulus menjadi Paulus ternyata karena Tuhan lebih dulu mengasihinya dan memilihnya untuk melayani-Nya. Dalam kehendak dan rencana-Nya siapa saja bisa Ia pakai, demikian juga kita sebagai anak-anak-Nya. Tuhan mau kita hidup untuk melayani-Nya, menjadi saksi-Nya sampai semua orang menjadi murid-Nya. (R2TAN)

 

Doa hari ini:

Tuhan, terima kasih atas anugerah-Mu atas kami. Engkau lebih dulu mengasihi dan memilih kami. Kami mau, ya Tuhan berjalan dalam kehendak-Mu, mengikuti rencana-Mu. Jadikan kami terang-Mu dan saluran berkat-Mu. Amin. 

Bacaan Alkitab setahun: Kisah Para Rasul 10

Pertanyaan hari ini:

  1. Apa yang terjadi pada Saulus dalam perjalanannya ke Damsyik? Ceritakan!
  2. Apa yang membuat Saulus berubah?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion