KEHIDUPAN MUSA [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Keluaran 2:11-22

Rhema: Yeremia 29:11

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

 

Sahabat Fligo, kalau kita membayangkan diri kita menjadi Musa, pasti sangat menegangkan. Sejak lahir saja nyawanya sudah terancam hendak dibinasakan. Saat sudah dewasa juga Musa hendak dibunuh oleh Firaun gara-gara membunuh pegawai Firaun. Sebenarnya Musa berniat menolong saudara-saudaranya yang disiksa pegawai Firaun tersebut. Kemudian Musa melarikan diri dari tempat tinggalnya. Padahal selama itu dia dibesarkan dalam kemewahan sebagai anak angkat puteri Firaun. Bayangkan bila tiba-tiba kita harus pergi melarikan diri menyelamatkan nyawa, pasti bingung kan mau pergi kemana. Sampai akhirnya Musa tiba di tanah Midian. Luar biasa Musa yang meskipun sedang dalam masalah, namun dia tetap menolong orang lain (Keluaran 2:17). Tuhan pun memelihara hidup Musa di tanah Midian melalui orang yang ditolong Musa.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari kehidupan Musa. Kita bisa belajar untuk menolong orang lain tentunya dengan cara yang sesuai kehendak Tuhan. Kita juga tidak boleh putus asa ketika sedang dalam masalah. Ketika Musa melarikan diri, dia tidak putus asa, tapi malah menolong orang lain yang membutuhkan bantuan. Yakinlah bahwa bila kita masih hidup, itu karena Tuhan punya maksud dan tujuan-Nya untuk hidup kita. Seperti Musa berkali-kali diselamatkan dari maut, karena Tuhan punya tujuan yang besar buat hidup Musa. (LC)

 

Doa hari ini:

Tuhan, aku bersyukur untuk hidup yang Engkau berikan kepadaku. Aku mau hidup bagi-Mu. Pakai hidupku sesuai dengan kehendak-Mu. Amin.

Pertanyaan hari ini:

  1. Bila sedang menghadapi masalah, apakah Sahabat mengandalkan kekuatan sendiri atau bertanya kepada Tuhan?
  2. Apa yang Sahabat ingin contoh dari teladan hidup Musa?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

 

Bacaan Alkitab setahun: Matius 16

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion