ADIRATIN OF THE KINGS [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Matius 2:1-12

Rhema: Matius 2:10

Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.

 

Injil Matius adalah satu-satunya Injil yang menceritakan kisah Orang majus mengunjungi bayi Yesus untuk menyembah-Nya. Orang majus adalah orang bijak atau raja-raja dari timur yang berjalan menuju ke Yerusalem.

Mereka sempat akan dijebak oleh raja Herodes agar memberitahukan keberadaan bayi Yesus untuk dapat dibunuhnya. Namun raja-raja dari timur ini kemudian diperingatkan dalam mimpi oleh malaikat atas rencana jahat raja Herodes terhadap bayi Yesus dan akhirnya mereka memutuskan untuk pulang melalui jalur yang berbeda. Hal ini menyebabkan raja Herodes bertindak untuk membunuh semua anak kecil di Betlehem sebagai usaha untuk menggagalkan nubuatan mengenai raja yang baru lahir dan menghilangkan saingan yang dianggapnya akan merebut tahtanya. Namun pada saat pembantaian tersebut, orang tua Yesus telah diperingatkan oleh malaikat untuk mengungsi ke Mesir hingga raja Herodes meninggal.

Orang majus mencari Bintang Timur dan akhirnya mereka bertemu dengan bayi Yesus. Mereka datang untuk menyembah bayi Yesus dan mereka tahu bayi Yesus bukanlah bayi biasa namun seorang Juruselamat. Mereka membawakan tiga macam persembahan yakni emas yang melambangkan bayi Yesus yang akan menjadi raja agung; kemenyan melambangkan bayi Yesus yang akan menjadi imam agung, dan mur yang melambangkan bayi Yesus yang kelak akan mati untuk menebus dosa manusia.

Mari kita merayakan Natal bukan sekedar perayaan biasa namun Hari Kelahiran Juruselamat manusia. Seperti orang-orang majus, kita persiapkan persembahan yang terbaik untuk bayi Yesus. Kita berikan seluruh hidup kita untuk memuliakan nama Tuhan.

Natal bukanlah perayaan foya-foya namun arti Natal sebenarnya adalah hari kelahiran Juruselamat manusia yakni Tuhan Yesus Kristus.  (W2)

Doa hari ini:

Tuhan Yesus, kami mau merayakan Natal dan memberikan persembahan yang terbaik untuk-Mu. Pakai seluruh hidupku sebagai persembahan yang harum dan berkenan di hadapan-Mu. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: 1 Korintus 5

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Sahabat, jelaskan arti ketiga persembahan orang Majus kepada bayi Yesus!
  2. Apa arti Natal bagi orang majus? Persembahan seperti apa yang dapat kita berikan kepada Tuhan Yesus untuk merayakan Natal tahun ini?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion