KESELAMATAN YANG DATANG DARI SEBUAH PENYEMBAHAN [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Habakuk
Wahyu 15

BACAAN HARI INI
Mazmur 27:1-14

RHEMA HARI INI
Mazmur 27:6 Maka sekarang tegaklah kepalaku, mengatasi musuhku sekeliling aku; dalam kemah-Nya aku mau mempersembahkan korban dengan sorak-sorai; aku mau menyanyi dan bermazmur bagi TUHAN.

Jika kita berbicara tentang satu pribadi dalam Alkitab yang erat dengan kata pujian dan penyembahan, kita tidak akan asing dengan nama Daud. Ya, Daud dikenal sebagai seorang penyembah yang menarik hati Tuhan sehingga hidupnya penuh dengan kasih karunia Tuhan. Ia menulis berbagai mazmur yang berisi tentang kata-kata pujian dan penyembahan kepada Tuhan yang sampai sekarang masih terus memberkati kita semua. Namun, apakah karena Tuhan berkenan kepada-Nya, lantas Daud tidak pernah menghadapi tantangan, tekanan, masalah, bahkan pergumulan yang berat? Ternyata tidak. Bahkan sebagian besar mazmur dan penyembahannya lahir ketika ia ada dalam tekanan yang berat. Ajaibnya, Tuhan selalu meluputkan Daud dari celaka dan membuatnya selalu menang atas musuh-musuhnya.

Pernah suatu kali, Daud dikejar-kejar Saul dan bersembunyi di padang gurun Zif. Meski ia hampir tertangkap, tetapi Tuhan tidak menyerahkan Daud ke tangan Saul (1 Sam. 23:14). Ada perlindungan dan kekuatan Tuhan yang membuat Daud tetap selamat di tengah-tengah masalah yang dihadapinya. Apa rahasianya? Ternyata, selama di tempat persembunyiannya itu, Daud terus memiliki hati yang menyembah kepada Tuhan. Ia mencari Tuhan, bibirnya terus memuji Tuhan dengan tangan yang terangkat demi nama Tuhan (Mzm. 63:1-5). Sungguh luar biasa, Tuhan menyelamatkan Daud ketika Daud mengangkat tangan menyembah-Nya.

Kisah itu hanya satu dari sekian banyak keajaiban penyembahan yang dialami Daud. Namun semuanya membuktikan bahwa ketika ada penyembahan dinaikkan, ada tangan Tuhan yang turun memberikan keselamatan. Hal itu pun akan terjadi atas kita. Ketika kita menyembah, artinya kita merendahkan diri dihadapan Allah dan meninggikan-Nya. Tuhan pun berjanji, siapa merendahkan diri di bawah tangan Tuhan yang kuat, ia akan ditinggikan. Kita akan dimampukan untuk menghadapi para lawan kita dan semua tantangan yang ada, karena Tuhan sendiri yang turun tangan memberikan keselamatan kepada kita, sehingga kita boleh keluar sebagai pemenang dalam segala perkara. Haleluya!

RENUNGAN
Tuhan MENYELAMATKAN orang yang MENYEMBAH-NYA.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menyembah Tuhan ketika Anda dihadapkan pada masalah yang sukar bagi Anda?
2. Apakah kendala yang Anda alami ketika hendak menyembah Tuhan? Bagaimana Anda mengatasinya selama ini?
3. Menurut Anda, apakah yang akan Anda peroleh ketika Anda menyembah Tuhan di tengah-tengah pergumulan yang Anda alami?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, Engkau layak menerima penyembahan kami. Engkau layak ditinggikan dalam hidup kami, apa pun yang sedang kami hadapi dalam hidup kami: susah senang, ada dalam tekanan atau tidak, ajarkan kami untuk terus mengangkat tangan kami dan merendahkan diri untuk menyembah-Mu, ya Tuhan. Karena kami tahu, ketika kami menyembah, Engkau tidak akan membiarkan kami berjuang sendirian. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”