ANGIN PROFETIK YANG MENYATAKAN PEMBELAAN TUHAN [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 9-11
Matius 15:21-39

BACAAN HARI INI
Ulangan 6:17-25

RHEMA HARI INI
Ulangan 6:22 Tuhan membuat tanda-tanda dan mujizat-mujizat, yang besar dan yang mencelakakan, terhadap Mesir, terhadap Firaun dan seisi rumahnya, di depan mata kita;

Sudah sekian lama bangsa Israel hidup sebagai orang-orang yang diperbudak. Mereka mengalami penderitaan dan aniaya, sehingga tidak ada waktu serta kesempatan bagi mereka untuk beribadah. Melihat kondisi yang dialami bangsa Israel, Tuhan tidak tinggal diam. Ia memilih Musa dan memberikan tanggung jawab untuk membawa bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan. Namun, karena kekerasan hati Firaun, Tuhan pun menurunkan tulah-tulah ke atas Mesir.

Tanda-tanda ajaib yang besar ini adalah pembelaan Tuhan atas bangsa Israel. Pada tulah kedelapan, disebutkan bagaimana Tuhan menghembuskan angin Timur yang membawa belalang melintasi negeri Mesir (Kel. 10:13-14). Melalui angin profetik dari timur inilah, Tuhan menyatakan kuasa-Nya yang ajaib dengan mendatangkan berbagai tulah di Mesir. Bagi sebagian orang, tulah-tulah ini adalah sebuah bencana atau malapetaka, bahkan banyak merugikan. Akan tetapi, berbeda hal dengan bangsa Israel, justru ini adalah kesempatan bagi mereka untuk segera pergi meninggalkan Mesir. Bagi bangsa Israel, ini adalah sebuah pembuktian pembelaan dan penyertaan Tuhan yang begitu nyata.

Ada banyak permasalahan, kendala dan persoalan yang melanda dunia. Terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, ketika banyak orang merasakan kekuatiran, ketakutan, kecemasan, dan bahkan putus asa untuk berjuang. Namun, ini berbeda bagi kita anak-anak Tuhan. Sekalipun yang kita hadapi sama, tetapi kita punya Tuhan. Angin profetik Roh Kudus dari Timur tidak akan mendatangkan pembinasaan, tetapi jurstu menyatakan pembelaan Tuhan dalam hidup kita. Kita pun akan mengalami hal-hal yang spektakuler dan perkara-perkara yang ajaib, sehingga semua mata dapat melihat terang kemuliaan Tuhan yang memancar melalui hidup kita.

RENUNGAN
Angin profetik Roh Kudus dari Timur TIDAK AKAN MEMBINASAKAN, tetapi justru MENYATAKAN PEMBELAAN TUHAN dalam hidup umat-Nya.

APLIKASI
1. Apakah Anda sedang menghadapi kesulitan atau persoalan dalam kehidupan Anda?
2. Bagaimana Anda menyikapi permasalahan yang terjadi dalam hidup Anda selama ini?
3. Apa yang menjadi komitmen Anda setelah membaca renungan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus yang baik, kami mengucap syukur atas segala penyertaan dan pertolongan-Mu dalam hidup kami. Ajar kami untuk dapat melihat dan menghitung kebaikan-Mu dalam hidup kami. Sehingga kami terus dapat bersyukur dan menyadari bahwa pembelaan Tuhan itu nyata. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”