KESUKARAN ADALAH KESEMPATAN UNTUK MENG-UPGRADE DIRI [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yeremia 6-8
1 Timotius 5

BACAAN HARI INI
Yakobus 1:1-8

RHEMA HARI INI
Yakobus 1:2-4 Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.

Jika sesuatu yang buruk terjadi, pasti hati kita langsung diliputi kesedihan, ketakutan, kebingungan, putus asa, dan perasaan-perasaan negatif lainnya. Namun kalau kita mau jujur, justru di saat-saat seperti itu manusia ingat akan Tuhan. Manusia jadi tersadar betapa lemah dan tak berdaya dirinya. Yang biasanya tidak kuat menahan lapar, mendadak bisa berpuasa. Yang biasanya malas berdoa, kini jadi rajin berdoa, ikut Pondok Daud, dan baca Firman. Ketekunan muncul saat kita sungguh-sungguh berharap akan sesuatu.

Tuhan sangat tahu dan mengenal ciptaan-Nya. Dia izinkan sesuatu yang buruk terjadi, bukan karena Tuhan benci atau marah dengan kita. Banyak orang beranggapan jika kita menjadi orang Kristen yang sungguh-sungguh, maka Tuhan akan menolong dan memberkati kita dalam segala hal, sehingga hidup kita selalu mulus-mulus saja. Namun yang sebenarnya adalah, Tuhan ingin mendidik kita anak-anak-Nya menjadi orang-orang yang tangguh. Jangan hanya melihat kesukaran yang sedang kita hadapi, tetapi lihatlah apa yang bisa kita pelajari darinya. Melalui sesuatu yang buruk yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita, Tuhan justru ingin meng-upgrade kita berkali-kali lipat. Memunculkan semua potensi dan hal baik yang selama ini terpendam dalam diri kita.

Situasi saat ini yang mengharuskan kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, mau tidak mau membuat kita tinggal lama dalam rumah dan lebih banyak berkumpul bersama keluarga. Rasa bosan dan stres pun menimbulkan berbagai gesekan antar keluarga. Sebagai anak-anak Tuhan, janganlah kita terbawa oleh kondisi dan perasaan. Tantangan boleh besar, tetapi inilah saatnya kita lebih bertekun dalam Tuhan. Sebab hanya dalam Dia kita boleh merasakan sukacita dan damai yang melampaui keadaan. Dengan banyaknya waktu di rumah, kita bisa lebih mengamati anggota keluarga yang lain. mengucapkan kata-kata positif yang membangkitkan iman, atau memberi bantuan yang walau sepele. Semua itu bukan hanya terasa menyenangkan, tetapi juga membangun ketahanan dan kesatuan keluarga menjadi lebih kuat. (PF)

RENUNGAN
Tuhan IZINKAN sesuatu yang buruk terjadi agar kita mengalami UPGRADE BERKAL-KALI LIPAT dan memunculkan BANYAK HAL BAIK dalam hidup kita.

APLIKASI
1. Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika hal yang buruk terjadi?
2. Setujukah Anda bahwa melalui sesuatu yang buruk, Tuhan ingin kita mengalami upgrade berkali lipat dan memunculkan banyak hal baik dalam hidup Anda? Pengalaman apa yang Anda miliki jika Anda setuju dengan pertanyaan di atas?
3. Bagaimana Anda bisa meng-upgrade diri Anda dalam masa-masa ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ajarkan kami untuk melihat melampaui keadaan yang sedang kami alami. Kami percaya, semua yang Kau izinkan terjadi dalam hidup kami adalah untuk kebaikan dan membuat kami lebih tangguh lagi dalam iman. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”