MENGALAMI MUJIZAT PEMBALIKAN BERSAMA TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 37-39
Kisah Para Rasul 26

RHEMA HARI INI
Yoel 2:25 Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu.

Bila kita memperhatikan seseorang yang sedang memanah, kita akan melihat cara memanah setiap orang pasti sama. Mereka mengaitkan anak panah pada tali busur, kemudian menariknya sampai ke belakang, hingga tali busur meregang. Dengan perubahan energi, dari energi potensial busur menjadi energi kinetik panah, maka anak panah yang dilepaskan akan melesat maju ke depan. Jarak jangkauan anak panah tersebut tidak hanya ditentukan dari seberapa jauh anak panah itu ditarik ke belakang. Melainkan, siapa yang berada di balik busur tersebut.

Apabila seseorang belum begitu ahli dalam memanah, maka anak panah tersebut belum tentu bisa melesat jauh ke depan saat dilepaskan. Karena jika kita perhatikan, memanah bukan hanya berbicara mengenai kegiatan menarik anak panah ke belakang dan kemudian melepaskannya. Namun, lebih dari pada itu, ada begitu banyak hal yang perlu diperhatikan, yaitu kekuatan tubuh bagian atas, keseimbangan tangan, fokus pada sasaran, tiupan angin, dan banyak hal lainnya. Poin-poin tersebut pasti sangat dipahami oleh mereka yang sudah ahli dalam memanah.

Gambaran tentang memanah di atas, mengajak kita untuk merenungkan kembali. Bahwa sebetulnya hidup yang kita jalani selama ini, sama seperti cara kerja anak panah tersebut. Sering kali kita mengalami suatu keadaan yang kurang baik dan membuat kita merasa kurang nyaman, kita merasa seakan hidup kita seperti ditarik mundur. Namun, kuatkanlah hati kita. Ada Tuhan yang sedang memegang kendali atas seluruh hidup kita. Jika saat ini kita sedang ditarik jauh ke belakang, percayalah bahwa Tuhan sedang mempersiapkan daya dorong kita, agar kita bisa mencapai sasaran yang Dia sudah tetapkan untuk hidup kita. Jangan sampai kita meletakkan dasar pengharapan hidup kita di tangan yang salah, karena otmatis kita akan mengalami kemunduran yang berujung pada sebuah kejatuhan. Hanya bersama Tuhan, kemunduran kita akan berubah menjadi kemajuan yang pesat dan kita akan mengalami mujizat pembalikan yang luar biasa dalam hidup kita.

RENUNGAN
Bersama Yesus, KEMUNDURAN kita akan diubah menjadi KEMAJUAN dan MUJIZAT PEMBALIKAN terjadi!

APLIKASI
1. Apakah saat ini Anda merasa hidup Anda sedang ditarik jauh kebelakang? Mengapa demikian?
2. Bagaimana respons Anda selama ini dalam menghadapi kemunduran yang pernah Anda alami?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil agar hidup Anda mengalami kemajuan dan mujizat pembalikan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami tahu bahwa hidup kami aman dalam tangan-Mu. Tidak peduli situasi, kondisi, ataupun kemunduran apa pun yang tengah kami alami, kami yakin bahwa Engkau selalu beserta kami. Kami percaya bahwa Engkau sanggup mengubahkan kemunduran kami menjadi kemajuan yang pesat. Mujizat pembalikan pasti terjadi dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”