KUNCI MENERIMA PENGGENAPAN JANJI TUHAN DI TAHUN KEMULIAAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Bilangan 12-14
Markus 5:21-43

BACAAN HARI INI
Yohanes 11:1-45

RHEMA HARI INI
Yohanes 11:40 Jawab Yesus: “Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?”

“Tidak peduli apa pun yang terjadi, Papa akan selalu ada untukmu, Armando.” Kalimat itu sering diucapkan seorang ayah kepada anaknya. Lalu suatu hari, gempa dengan kekuatan 6,9 SR menggoncang bagian Utara Armenia. Bangunan-bangunan roboh, tidak terkecuali gedung sekolah Armando. Ayah Armando tiba di sekolah itu sesaat setelah goncangan berhenti. Dengan segera ia mulai menggali dan mengangkat puing-puing bangunan yang menimbun lokasi tempat kelas Armando tadinya berada. Meski orang-orang berkata usahanya sia-sia, tetapi kegigihannya akhirnya menggerakkan mereka untuk membantunya. Dua jam berlalu, lima jam, sepuluh jam, delapan belas jam. Lalu tiba-tiba terdengar suara dari bawah papan yang roboh. Sang ayah lantas memanggil, “Armando!” dan dari kegelapan di bawah terdengar sahutan kecil, “Papa!” Saat Armando akhirnya berhasil diselamatkan bersama tiga belas teman sekelasnya, ia berkata kepada teman-temannya, “Benar kan, aku sudah bilang, Papaku pasti akan datang menolongku, karena ia sudah berjanji!”

Seperti Armando dan teman-temannya, mungkin saat ini kita bagai ditelan kegelapan. Namun tetaplah percaya pada janji Tuhan. Tanamkan bahwa tahun ini adalah tahun kemuliaan Tuhan. Dunia memang gelap, bangsa-bangsa dalam kekelaman, tetapi Terang Tuhan terbit atas kita. Janji Tuhan tidak bisa dibatalkan. Janji Tuhan tidak pernah gagal. Yang menjadi masalah adalah sikap hati kita sendiri. Apakah kita percaya dan memegang janji Tuhan itu terjadi dalam hidup kita?

Kepada Marta dan Maria yang sudah kehilangan harap karena saudara mereka Lazarus telah meninggal, Yesus mengingatkan bahwa mereka akan melihat kemuliaan Allah kalua mereka percaya. Yesus pun membuktikan bahwa Dia sanggup melakukan yang mustahil sekalipun. Lazarus bangit! Ya, tak ada alasan untuk tidak percaya akan janji Tuhan. Bagian kita adalah terus pegang janji-Nya. Seberat dan sesulit apa pun keadaan kita, jangan menyerah. Waktu-Nya akan tiba saat Tuhan memulihkan kita, bahkan Dia akan melakukan perkara-perkara besar dan percepatan dalam hidup kita, sehingga pelangi kemuliaan-Nya sungguh tampak nyata atas kita.

RENUNGAN
SINGKIRKAN KERAGUAN dan PEGANG TEGUH janji Tuhan, maka kita akan menerima PERKARA BESAR dan PERCEPATAN di tahun kemuliaan ini.

APLIKASI
1. Masihkah Anda memegang janji rhema firman Tuhan bahwa tahun ini adalah tahun kemuliaan Tuhan? Apa yang membuat Anda ragu?
2. Mengapa penting bagi Anda untuk terus percaya pada janji Tuhan, semustahil apa pun kenyataannya?
3. Bagaimana Anda akan membenahi sikap hati Anda dan kembali menantikan janji Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami bersyukur sebab Engkau Allah yang tak pernah melupakan janji-Mu. Sekali Engkau berkata, Engkau yang pastikan semua itu akan terjadi. Bentuklah hati kami melalui segala sesuatu yang terjadi, biarlah kepercayaan kami kepada-Mu boleh semakin kuat meski keadaan menjadi semakin mustahil. Sebab sesungguhnya, tak ada yang mustahil bagi-Mu dan pelangi kemuliaan-Mu akan Engkau perlihatkan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”