Mempertahankan Hati Yang Kuat Dan Iman Yang Teguh [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 5-6
Efesus 1

BACAAN HARI INI

Yosua 1:1-9

RHEMA HARI INI

Yosua 1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”

Serba tidak jelas. Inilah kondisi yang dialami sebagian besar orang waktu-waktu ini. Pembatasan wilayah, social distancing, karantina diri, sampai pelarangan tempat-tempat makan untuk makan di tempat dan hanya bisa melayani makanan yang dibawa pulang. Pemasukan yang tidak seimbang dengan pengeluaran pun membuat banyak tempat kerja harus merumahkan karyawannya, baik dengan pemotongan gaji atau tanpa gaji. Krisis ekonomi mulai menunjukkan dampaknya, dan sebagian orang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarganya.

Semua yang terjadi akhir-akhir ini mau tak mau membuat iman kita tergoncang. Tekanan yang kian berat, tanpa tahu kapan akan berakhir, membuat orang mulai dihinggapi stres, mudah kesal, sensitif, dan kata-kata negatif pun bermunculan. Tanpa kita sadari, sikap seperti ini malah membuat hati kita makin lemah. Kalau kita tidak hati-hati, iman kita bisa menguap sehingga kita semakin jauh dari penggenapan janji Tuhan.

Firman Tuhan hari ini memberi kita perintah untuk menguatkan dan meneguhkan hati kita. Bangsa Israel gagal masuk Tanah Perjanjian adalah karena mereka hanya melihat penduduk yang seperti raksasanya saja dan lupa pada kebesaran Tuhan. Kita pun akan melewatkan Tanah Perjanjian kita, jika kita hanya fokus memikirkan raksasa masalah yang sedang kita hadapi. Kita lupa mensyukuri kebaikan Tuhan yang masih kita nikmati hari ini. Lebih baik kita lepaskan perkataan yang membangkitkan iman daripada melontarkan keluhan. Baca dan dengarkan firman Tuhan daripada mengisi diri kita dengan informasi-informasi yang membuat hati kita tawar (Flp. 4:8). Dengan demikian ketahanan iman kita akan terus dibangun. Seburuk apa pun keadaan di depan kita, walaupun iman kita sempat tergoncang, tetapi kita akan bangkit kembali. Kita tidak akan menyerah, sebab hati kita sudah terlatih menjadi kuat dan iman kita semakin teguh. Kita yakin dan percaya bahwa Tuhan selalu menyertai kita, tak akan dibiarkannya kita terlantar dan terkapar. Pertolongan-Nya selalu datang tepat pada waktu-Nya. (PF)

RENUNGAN

Keadaan boleh MENGGONCANG berbagai aspek hidup kita, tetapi HATI kita harus KUAT dan iman KITA tetap TEGUH.

APLIKASI

1. Apa dampak yang Anda rasakan dari kondisi yang sedang terjadi saat ini?
2. Apakah hal ini membuat iman Anda tergoncang? Dalam bentuk apakah itu?
3. Apa yang akan Anda upayakan untuk membangun ketahanan iman Anda dalam menghadapi krisis saat ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami bersyukur punya Allah seperti Engkau. Walaupun iman kami goncang dan hati kami melemah, Kau selalu menguatkan kami kembali dengan cara-Mu yang unik dan ajaib. Terima kasih Tuhan, penyertaan-Mulah yang senantiasa menguatkan dan meneguhkan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 5-6
Efesus 1