MELANGKAH SECARA PROFETIK DAN TERIMA KEMENANGAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Zakharia 13-14
Wahyu 21

RHEMA HARI INI
Yosua 1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.”

Ketika Musa meninggal, Yosualah yang dipilih oleh Tuhan sebagai pengganti untuk memimpin bangsa Israel. Tuhan berjanji bahwa setiap tanah yang diinjak oleh telapak kakinya akan diberikan Tuhan kepadanya, yakni kepada bangsa Israel. Sungguh janji yang luar biasa, bukan? Namun setelah Yosua menerima janji yang luar biasa itu, ia langsung diperhadapkan pada sebuah tantangan yang besar. Ia harus memimpin bangsa Israel menyeberangi sungai Yordan yang sedang meluap airnya. Sungai yang harus mereka lalui sebagai langkah awal jika ingin menduduki tanah Kanaan. Namun Yosua tidak putus asa dan mengambil langkah yang tepat, yaitu meminta petunjuk Tuhan. Ia pun memilih untuk taat dan TETAP MENYEBERANGI SUNGAI YORDAN. Secara manusia, sungguh tidak mudah memberi mandat yang terlihat mustahil kepada bangsanya. Di sinilah kita bisa melihat keteguhan dan keberanian Yosua untuk tidak hanya menunggu janji Tuhan yang akan memberikan Tanah Kanaan itu kepada mereka, tetapi berani maju serta melangkah.

Ketika para imam yang membawa Tabut Perjanjian dan seluruh bangsa itu bersiap untuk menyeberangi sungai Yordan, mujizat tetap belum terjadi. Sungai itu masih saja meluap dan itu tentu saja sangat membahayakan siapa pun yang menyeberanginya. Namun hal yang ajaib terjadi ketika kaki para imam menyentuh air sungai itu. AIR SUNGAI YORDAN TIBA-TIBA TERSIBAK, SEHINGGA BANGSA ISREAL DAN PARA IMAM MELANGKAHKAN KAKINYA DI TANAH YANG KERING. Ya, mujizat terjadi ketika mereka memiliki keberanian untuk mengambil langkah profetik untuk menduduki Tanah Perjanjian. Alkitab pun mencatat, langkah pertama itu telah menjadi awal terjadinya mujizat demi mujizat sampai tanah Kanaan sungguh-sungguh berhasil direbut oleh bangsa Israel.

Anda sempat mengalami kehilangan seperti Yosua yang kehilangan Musa? JANGAT TAKUT. Tetaplah pandang janji Tuhan. Lihatlah jauh ke depan dan beranilah melangkah secara profetik dalam tuntunan Tuhan. Maka hal yang sama yang dialami oleh Yosua pun akan bisa Anda alami bersama Tuhan. Tanah Perjanjian akan menjadi milik Anda. Haleluya!

RENUNGAN
Bisa MELIHAT janji Tuhan saja tidak cukup, miliki jugalah KEBERANIAN untuk MENGAMBIL LANGKAH PROFETIK.

APLIKASI
1. Bagaimanakah cara Anda memperjuangkan janji Tuhan selama ini?
2. Adakah hal-hal yang seharusnya Anda lakukan yang menjadi petunjuk Tuhan untuk Anda mengambil langkah profetik?
3. Apa yang membuat Anda belum cukup berani untuk melangkah? Tuliskan komitmen Anda supaya iman Anda dibangkitkan dan Anda berani untuk melangkah!

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus, terima kasih atas setiap janji yang Engkau berikan dalam hidup kami. Kami tahu bahwa bersama-Mu, kami akan dimampukan untuk masuk dan menggenapi-Nya. Berikan kami keberanian, ya Tuhan, supaya kami bisa melihat ‘sungai Yordan’ yang ada di depan kami tersibak dan kami akan meraih kemenangan dalam janji-janji-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”