HIDUP YANG BERBOBOT DI HADAPAN TUHAN [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 35-36
2 Petrus 1

BACAAN HARI INI
1 Korintus 3:10-15

RHEMA HARI INI
1 Korintus 3:13 sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.

Seorang ibu mengeluh pada temannya. Ia merasa omongannya tidak pernah digubris oleh keluarganya. Malah ia dibilang cerewet oleh suaminya, dan anak-anak menyebutnya rempong. Suka membuat keadaan yang sebenarnya sederhana menjadi rumit. Teman ibu itu merasa agak geli, karena sejujurnya, ia dan teman-teman lain pun merasa demikian. Tidak ada pula yang terlalu memperhatikan atau menanggapi perkataan ibu itu. Kebanyakan yang ia bicarakan tidak ada bobotnya. Ia gemar mengatakan hal-hal yang tidak membangun atau meributkan sesuatu yang tidak jelas dan tidak penting. Padahal ia mempunyai jabatan yang tinggi di tempatnya berkerja.

Ya, jabatan, kekayaan, atau status sosial belum tentu menjamin hidup seseorang otomatis menjadi berbobot, yaitu hidup yang memberi dampak bagi orang lain. Berapa banyak dari kita, yang menyia-nyiakan waktu hidup yang berharga ini dengan melakukan hal-hal yang tidak berfaedah? Yang hidup dengan sembarangan atau bahkan menjadi batu sandungan bagi orang lain? Jika kita tidak mengerti tujuan dan alasan Allah memberi kita kehidupan, tak heran kalau kita menghabiskannya dengan sia-sia. Ngeri benar kalau Tuhan tiba-tiba datang dan menimbang hidup kita, lalu Dia mendapati hidup kita terlalu ringan dan tidak berbobot. Sebab setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api (Mat. 7:19).

Oleh sebab itu, carilah tujuan ilahi dalam hidup kita dan kejarlah dengan kehausan dan kelaparan roh. Siapa pun kita saat ini, di mana pun Tuhan tempatkan kita, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi kehendak Tuhan. Melekatlah erat dengan Roh Kudus, dengar dan taati setiap petunjuk-Nya. Dengan demikian, hidup kita akan berbobot dan berbuah lebat bagi kerajaan Allah. Kelak jika api Tuhan menguji pekerjaan kita, kita akan mendengar-Nya berkata, “Baik sekali perbuatanmu, hai hamba-Ku yang baik dan setia. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.” (PF)

RENUNGAN
Jangan sampai ketika Tuhan MENIMBANG HIDUP kita, Dia mendapati kita TERLALU RINGAN dan TIDAK BERBOBOT.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda menilai kehidupan Anda saat ini? Masih terlalu ringan atau sudah ada bobotnya?
2. Coba Anda renungkan, apa saja yang sudah Anda lakukan untuk kepentingan Tuhan dan kerajaan-Nya?
3. Hal atau kebiasaan apa yang akan Anda hilangkan agar hidup Anda bisa lebih berbobot di mata Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ampuni kami jika selama ini kami banyak menghabiskan waktu kami dengan hal yang sia-sia. Mulai hari ini, Tuhan, kami mau mencari tahu apa tujuan dan kehendak-Mu atas hidup kami, sehingga kami tidak berlari tanpa sasaran. Tolong kami Tuhan, beri kami kehausan dan kelaparan roh, agar hidup kami ini sungguh-sungguh menggenapi fiirman-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”