PELANGI KEMULIAAN SEHABIS BADAI KELAM (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 23-24
Matius 20:1-16

BACAAN HARI INI
Yehezkiel 1:26-28

RHEMA HARI INI
Yehezkiel 1:28 Seperti busur pelangi, yang terlihat pada musim hujan di awan-awan, demikianlah kelihatan sinar yang mengelilinginya. Begitulah kelihatan gambar kemuliaan TUHAN. Tatkala aku melihatnya aku sembah sujud, lalu kudengar suara Dia yang berfirman.

Sudah seharian hujan turun dengan derasnya. Sekelompok teman yang berkumpul setelah sekian lama di sebuah café memandangi luar jendela dengan cemas. Lalu seorang dari mereka bertanya, “Menurut kalian apa yang akan terjadi setelah hujan deras?” Dengan cepat seseorang menyambar, “Banjir!!” Mendengar celetuk itu, yang lainnya menanggapi, “Oh iya, betul. Seperti hujan kemarin, nggak berhenti-berhenti. Habis banjir, rumah kotor, barang-barang rusak, berantakan banget.” Spontan semuanya mengangguk-angguk, sebab mereka semua baru saja mengalami hal tersebut. Namun orang yang bertanya itu kemudian berkata, “Ya, itu mungkin benar, tapi kalau kita melihat ke langit, setelah hujan kita akan melihat pelangi.”

Seperti habis diterjang hujan badai, mungkin seperti itulah keadaan kita hari-hari ini. Kalau kita melihat ke bawah, kita melihat dalamnya air permasalahan yang merendam kaki kita. Jika kita melihat ke sekeliling, mata kita akan diserbu oleh pemandangan hal-hal berharga yang hancur dan terseret air. Ya, bukan saja berbagai rencana yang sudah kita siapkan tiba-tiba hancur berantakan, tetapi kita juga mengalami berbagai kehilangan dan kerugian. Segala sesuatunya tampak kacau. Porak-poranda. Kita pun tidak tahu bagaimana harus membereskan hidup kita. Rasanya sudah tidak mungkin lagi.

Di saat-saat gelapnya kemustahilan mengepung kita, lepaskanlah pandangan dari segala situasi dan bahkan dari diri kita sendiri. Alihkan mata kita kepada Tuhan dan kita pun akan menemukan busur perjanjian Tuhan yang ditaruh-Nya di atas awan-awan. Peganglah janji itu dan jangan pernah lepaskan, maka Tuhan tidak akan pernah membiarkan kita hanyut oleh kekelaman. Tuhan sendiri yang akan menuntun kita menyeberangi air dan mengatasi badai hidup kita. Percayalah bahwa janji-Nya pasti ditepati. Sepasti sinar mentari yang terus bersinar di balik awan gelap, yang menanti saatnya menyibak kegelapan yang menyelimuti bumi, demikianlah Tuhan akan melukiskan pelangi kemuliaan-Nya setelah badai menyerbu hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN
Tuhan akan MENGGANTI badai yang kelam di hidup kita menjadi PELANGI KEMULIAAN yang indah.

APLIKASI
1. Badai kelam seperti apa yang kini tengah melanda hidup Anda?
2. Mengapa Tuhan mau mengganti badai kelam itu menjadi pelangi kemuliaan-Nya?
3. Bagaimana Anda bisa mempersiapkan diri Anda untuk menerima pelangi kemuliaan Tuhan di hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami bersyukur sebab Engkau Allah Bapa kami yang baik, Bapa yang selalu menepati janji-janji-Nya. Kami percaya, apa pun badai kelam yang Engkau izinkan terjadi di hidup kami, Engkau tidak akan pernah membiarkan kami celaka. Sebab Engkaulah Bapa yang selalu memberikan kami segala yang terbaik di hidup kami. Kami percaya, hujan badai kelam ini akan segera Engkau gantikan menjadi pelangi kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”