Terang Yang Terbit Di Tengah Kegelapan [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Maleakhi 1-4
Wahyu 22

BACAAN HARI INI
Matius 4:12-17

RHEMA HARI INI
Matius 4:16 bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang.”

Hari itu adalah hari yang istimewa bagi Tiara. Semua saudara dan teman baik datang ke rumahnya. Mereka semua membawakan berbagai kado yang terbungkus cantik. Saat tiba waktunya membuka kado, pertama-tama Tiara membuka kado dari ayahnya. Ia berharap sang ayah memberinya kado spesial. Namun, ia terkejut ketika mendapati sebuah lampu darurat. Sambil berusaha menahan senyum, Tiara mencoba menyalakan lampu tersebut. Lampu itu bersinar terang, tetapi di tengah ruangan yang sudah dipenuhi cahaya, lampu itu tidak terasa signifikan. Tiara pun mematikan lampu tersebut dan melanjutkan membuka kado-kado lainnya. Tak berapa lama kemudian, tiba-tiba seluruh ruangan menjadi gelap. Ternyata sedang ada pemadaman listrik. Beberapa tamu mengungkapkan mereka sebaiknya pulang. Tentu saja Tiara merasa kecewa. Namun, ayah Tiara membawa lampu pemberiannya ke tengah ruangan dan menyalakannya. Dalam sekejap, lampu itu bercahaya sangat terang. Tidak ada lagi sudut ruangan yang terasa gelap. Kemeriahan acara ulang tahun Tiara pun bisa kembali dilanjutkan.

Ya, tanpa kegelapan, terang tidak bisa bercahaya secara maksimal. Namun ketika kegelapan meliputi dan sebuah terang memancar di tengah-tengahnya, orang-orang pun akan berkumpul di sekelilingnya. Begitu pula dengan terang Tuhan. Justru di tengah kekelaman yang meliputi dunia saat ini, Tuhan ingin hadir dan menerbitkan terang-Nya.

Jangan sampai kegelapan membutakan hati kita, pejamkan mata dan rasakan angin profetik Roh Kudus yang saat ini sedang Tuhan hembuskan. Terima terang Tuhan yang terbit atas kita, maka kita akan mendapati bahwa Tuhan bukan hanya menghembuskan angin sepoi-sepoi, tetapi angin keras yang dahsyat. Angin yang membawa kegerakan Tuhan untuk membangkitkan anak-anak-Nya, sehingga kita pun bisa bangkit dan menyatakan kemuliaan-Nya pada dunia ini. (MV.L)

RENUNGAN
Saat Tuhan MENGIZINKAN kegelapan menutupi bangsa-bangsa, Dia akan MENERBITKAN TERANG-NYA dan MEMBUAT KEMULIAAN-NYA NYATA.

APLIKASI
1. Kegelapan apakah yang saat ini Anda rasakan dalam hidup Anda dan sekeliling Anda?
2. Mengapa Tuhan mengizinkan kegelapan itu hadir dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda bisa memancarkan terang dan kemuliaan Tuhan agar nyata bagi sekeliling Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bpa yang baik, terima kasih atas segala sesuatu yang Engkau izinkan terjadi dalam hidup kami. Baik atau buruk. Sebab kami percaya, dalam kegelapan sekalipun, Engkau ada beserta kami dan terang-Mu akan memancar mengalahkan semua kegelapan yang ada. Bangkitkan kami, ya Roh Kudus, agar kami bisa bergerak sesuai dengan arah hembusan angin-Mu yang dahsyat dan melakukan perkara-perkara yang membawa kemuliaan bagi-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”