MEMBANGUN KEHIDUPAN ROHANI YANG BERBOBOT [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 37-39
2 Petrus 2

BACAAN HARI INI
1 Timotius 4:1-16

RHEMA HARI INI
1 Timotius 4:8 (FAYH) Latihan-latihan jasmani itu baik, tetapi latihan rohani jauh lebih penting dan merupakan daya pendorong dalam segala yang kaulakukan. Jadi, latihlah diri secara rohani dan jadilah orang Kristen yang lebih baik, karena hal itu tidak saja bermanfaat dalam hidupmu sekarang ini, tetapi juga dalam hidupmu yang akan datang.

Menjadi seorang petani awalnya bukanlah pilihan Pak Gun. Namun ia mendapat warisan sawah dan mandat dari orangtuanya untuk meneruskan mengelola sawah, maka Pak Gun mulai belajar ilmu pertanian. Pak Gun berusaha mencari bibit yang bagus, pupuk yang bagus, dan cara merawat tanaman di sawahnya dengan tepat. Semua yang dilakukan Pak Gun tentunya bukan tanpa tujuan. Ia menginginkan hasil panen yang bagus, yaitu panen yang berkualitas dan berbobot.

Mengapa Pak Gun ingin memperoleh hasil panen yang berbobot? Karena semua hasil pertaniannya selalu ditimbang dengan suatu ukuran, yaitu kilogram. Harga dari hasil panennya pun ditentukan oleh berat atau bobot tanaman tersebut. Semakin berat bobot tanaman itu, semakin banyak juga uang yang diperoleh Pak Gun. Selama menjadi petani, beragam jenis tanaman pun sudah pernah ia tanam di sawahnya, seperti singkong, ketela, wortel, bayam, padi, dan masih banyak lagi yang lain. Kini, Pak Gun sangat senang dengan dunia pertanian, apalagi saat sawahnya memberikan hasil panen yang berkualitas dan berbobot.

Tuhan pun demikian, Dia sangat senang jikalau mendapati kita memiliki kehidupan rohani yang berbobot. Meskipun kebanyakan orang dunia lebih mengutamakan tubuh dan jiwa saja serta mengabaikan roh, kita anak-anak Tuhan tidak boleh demikian. Bukan hanya tubuh dan jiwa saja yang harus kita perhatikan, tetapi kita perlu membangun kehidupan rohani yang berbobot. Untuk itu, kita perlu meningkatkan bobot kehidupan rohani dengan mengisi hidup kita dengan asupan-asupan rohani. Melihat, mendengar, dan melakukan hal-hal yang bersifat rohani. Membangun mezbah pribadi dengan Tuhan, membaca dan melakukan firman Tuhan, berdoa puasa, serta membangun persekutuan rohani dengan keluarga serta saudara seiman. Dengan memiliki kehidupan rohani yang berbobot, kita akan kuat menghadapi badai apa pun dalam hidup ini. Oleh karena itu, bangkitlah menjadi anak Tuhan yang memiliki kehidupan rohani yang berbobot. (LEW)

RENUNGAN
Bukan hanya tubuh dan jiwa yang harus kita perhatikan, kita juga perlu membangun KEHIDUPAN ROHANI yang BERBOBOT.

APLIKASI
1. Apakah Anda saat ini sudah membangun kehidupan rohani yang berbobot? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Mengapa kita harus membangun kehidupan rohani yang berbobot?
3. Bagaimana cara Anda agar kehidupan rohani Anda berbobot?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ajarkanlah kami memiliki kehidupan yang seimbang, baik tubuh, jiwa, dan roh. Namun, yang terutama, tuntunlah kami untuk membangun kehidupan rohani yang berbobot. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”