MENGGUNAKAN WAKTU DENGAN BIJAKSANA UNTUK KELUARGA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 14-16
Efesus 5:1-16

RHEMA HARI INI
Mazmur 90:12 Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana

Selama beberapa bulan terakhir, Rey banyak mengorbankan waktu, tenaga, dan batinnya untuk merawat ibunya yang divonis menderita kanker stadium akhir. Ia terpaksa harus cuti kuliah karena kakak dan adiknya memutuskan untuk tetap melanjutkan studi mereka. Hanya Rey yang bersedia untuk merawat ibunya di rumah dan menemaninya ke dokter untuk kemoterapi. Bahkan, ia pun harus menguras tabungan untuk biaya berobat ibunya. Rey senantiasa berdoa agar Tuhan memberikan kekuatan untuknya dan ibunya dalam menjalani hari-hari. Sampai akhirnya, sang ibu dipanggil pulang ke Rumah Bapa. Sekalipun bersedih, Rey cukup bersyukur karena ia menyadari betapa berharganya waktu bersama ibunya di hari-hari terakhirnya itu.

Daud pun pernah berada dalam situasi yang sama. Ketika anak hasil hubungannya dengan Batsyeba kena tulah, ia tidak berdiam diri. Mungkin Daud tahu usahanya belum tentu membuahkan hasil, tetapi ia tetap memperjuangkan anaknya melalui doa puasa sampai saat-saat terakhir anaknya. Ketika Tuhan tetap memanggil anaknya pulang, barulah Daud berhenti berdoa.

Ya, waktu merupakan anugerah yang Tuhan berikan bagi setiap kita. Siapa yang memahami berharganya waktu untuk keluarga, tidak akan pernah menyia-nyiakannya sedetik pun untuk ada bagi keluarganya. Belajar menikmati waktu yang Tuhan berikan bagi kita untuk bersama keluarga kita. Apa pun yang sedang keluarga kita hadapi, seberat apa pun keadaannya, ambillah komitmen untuk dapat melihat segala sesuatu seperti cara Tuhan melihat. Di mana pun kita ditempatkan, pasti selalu ada tujuan yang mulia atas hidup kita. Jika kita dapat memahami hal tersebut, maka kita akan menjadi pribadi yang semakin bijak. Dengan terus mau belajar untuk menghitung hari demi hari, maka kita akan terbiasa untuk menghargai waktu dan menggunakannya dengan bijaksana. Secara otomatis kita akan semakin mengasihi keluarga kita dan berkat Tuhan akan tercurah secara berlimpah atas keluarga kita, sehingga siapa pun dapat melihat ada Tuhan dalam diri kita dan keluarga kita. Haleluya!

RENUNGAN
Dengan BELAJAR UNTUK MENGHITUNG HARI, maka kita akan bisa MENGHARGAI WAKTU dan menggunakannya dengan BIJAKSANA.

APLIKASI
1. Sejauh manakah Anda memandang bahwa waktu bersama keluarga adalah sebuah anugerah Tuhan dan hal yang berharga?
2. Hal baik apa yang bisa Anda dapatkan dan tumbuh dalam hati Anda saat Anda lebih menghargai waktu bersama keluarga Anda?
3. Bagaimana Anda bisa lebih lagi ada bagi keluarga Anda dengan waktu yang Anda miliki? Tuliskan komitmen Anda!

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus, terima kasih atas keluarga yang Engkau anugerahkan atas setiap kami. Baik ataupun sedang buruk keadaannya, kami percaya jika kami mau mentaati firman-Mu, untuk menghargai waktu yang Engkau berikan bagi kami untuk ada bagi keluarga kami, maka Engkau akan bekerja atas kami dan mengubahkan hati kami semakin bijaksana dalam menghadapi segala sesuatunya. Mampukan kami, Tuhan, karena kami mau untuk Kau pakai. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin!