BANYAK PINTU AKAN TERBUKA JIKA KITA TERUS MENGETOK (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 7-9
Matius 3

RHEMA HARI INI
Matius 7:8 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

Setiap kali mengingat masa lalunya, Ryan merasa sangat berdosa, malu, dan menyesal. Hanya ada satu tekad di dadanya, bahwa ia tidak ingin mendukakan hati Tuhan lagi. Apa pun tantangannya, Ryan mau terus mengejar pengenalan akan Tuhan dan hidup seturut kehendak-Nya. Ini bukanlah perkara yang mudah, sebab setelah bertobat, Ryan malah habis-habisan. Seluruh harta benda yang ia kumpulkan dengan cara yang salah, satu per satu hilang. Ia pun kini harus susah payah bekerja dengan hasil yang tidak seberapa. Namun, semua itu justru membuatnya semakin menenggelamkan diri dalam doa dan hadirat Tuhan. Ia senantiasa mengetok pintu sorga dan menantikan pertolongan Tuhan.

Meski hidup jauh dari berkelimpahan, Ryan mendapati hidupnya sekarang lebih damai sejahtera. Ada sukacita dan kekuatan yang Ryan tahu, bersumber dari Allah. Ia melihat penyertaan dan pemeliharaan Tuhan yang ajaib dalam hidupnya. Bukan saja keluarga intinya dipulihkan dengan luar biasa, hubungannya dengan orangtua, kakak, dan sanak saudaranya yang lain pun mengalami pemulihan. Sahabat-sahabat sejatinya kembali, dan ia berada dalam lingkungan pergaulan yang sehat, bahkan bisa ikut terlibat dalam pelayanan. Ryan sangat menyadari bahwa ini semua adalah kasih karunia Tuhan semata, yang Dia tambah-tambahkan sebagai bonus bagi kesungguhan hatinya.

Jika kita mengetok sebuah pintu, maka kita pasti sudah mempunyai tujuan serta keinginan yang jelas. Kita merasa sangat membutuhkan sehingga akan berusaha bagaimanapun caranya supaya pintu dibukakan. Karena itu, kalau pada ketokan pertama belum mendapat jawaban, kita akan terus mengetok sampai pintu itu terbuka. Kabar baiknya adalah, tahun ini bukan hanya satu pintu yang akan terbuka, tetapi ada banyak pintu yang akan terbuka bagi kita, jika kita tidak menyerah dan terus mengetok. Seperti Ryan yang sebenarnya hanya mengetok satu pintu pertobatan, tetapi pintu-pintu pemulihan, penyediaan, anugerah, dan kasih karunia pun ikut terbuka baginya. Karena itu, layangkanlah pandangan ke atas dan teruslah mengetok, karena akan ada lebih banyak pintu yang terbuka bagi kita. (PF)

RENUNGAN
Jika kita TERUS MENGETOK, bukan hanya kita akan mendapatkan pintu terbuka, tetapi PINTU-PINTU YANG TERBUKA BAGI KITA LEBIH BANYAK.

APLIKASI
1. Pintu apakah yang sedang Anda ketok sekarang ini?
2. Ketika pintu itu tak kunjung terbuka, apa yang ada dalam pikiran Anda dan apa yang Anda lakukan?
3. Setelah Anda terus mengetok, pintu-pintu apa saja yang Tuhan bukakan bagi Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas kebaikan-Mu dalam hidup kami. Berilah kami hati yang kuat, teguh dan berani, untuk terus mengetok. Kami percaya janji-Mu ya dan amin, bahwa pintu pasti akan dibukakan bagi kami yang mengetoknya. Terima kasih Tuhan.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”