MENGENAL BAHASA KASIH TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Bilangan 32-34
Mrk 9:30-50

RHEMA HARI INI
Kolose 3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

Menurut teori psikologi yang dirumuskan oleh Gary Chapman, ada 5 jenis bahasa kasih yang dimiliki manusia. Tetapi sayangnya, tidak setiap orang dapat memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti contohnya yang terjadi di dalam kehidupan pernikahan Dino. Sekalipun sudah menikah selama tiga tahun, namun masih saja sering ada kesalah-pahaman antara Dino dengan istrinya. Dino yang bahasa kasihnya adalah memberi hadiah, kerap kali membelikan istrinya ini dan itu. Yang tetapi kemudian disalah-artikan oleh istrinya sebagai sebuah pemborosan. Sehingga tidak jarang hal itu memicu perdebatan diantara mereka.

Sebaliknya, bahasa kasih yang dimiliki istrinya adalah waktu yang berkualitas. Akan tetapi, Dino sering menghabiskan waktunya untuk bekerja. Karena pikirnya, jika ia semakin giat bekerja, maka ia akan bisa membelikan istrinya ini dan itu, dan ia merasa bahwa istrinya akan disenangkan melalui perjuangan dan pengorbanannya itu. Masalah yang mereka alami sebetulnya sangatlah sederhana. Sama seperti saat orang Indonesia yang tidak bisa berbahasa Jepang bepergian ke Jepang. Karena adanya perbedaan bahasa maka mereka tidak bisa berkomunikasi dengan baik sebagaimana mestinya.

Demikian pula dalam hubungan kita dengan orang-orang di sekitar kita, sekalipun kita sudah lama mengenalnya atau bahkan sudah lama hidup bersama, tetapi apabila kita tidak bisa memahami bahasa kasih mereka, maka kita pun juga tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Juga terlebih lagi dalam hubungan kita dengan Tuhan. Tidak bisa kita hanya mengatakan kita mengasihi tanpa kita menyatakannya dengan perbuatan kita. Untuk itu, marilah kita saling belajar untuk dapat memahami dan juga mempraktekkannya dalam kehidupan kita sehari-hri. Sehingga kasih yang kita ingin sampaikan pun dapat diterima dengan baik dan juga membuahkan hasil yang baik juga.

RENUNGAN
Seperti manusia yang memiliki 5 BAHASA KASIH, demikian pula dengan Tuhan.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah memahami apa bahasa kasih keluarga Anda?
2. Menurut Anda, mengapa memahami bahasa kasih sangat penting dalam menjalin hubungan?
3. Renungkanlah, komitmen apakah yang akan Anda lakukan untuk dapat menerapkan bahasa kasih tersebut kepada Tuhan dan juga sesama?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih atas pembukaan baru yang telah Engkau berikan. Tolong kami ya Bapa, agar kami bisa lebih lagi mengasihi dan mengungkapkan kasih kami kepada-Mu dan sesama dengan benar. Sehingga kami tidak hanya berkata-kata tapi kami juga dapat melakukannya.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”