Momen Doa Puasa Raya Mendatangkan Hadirat Tuhan [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 143-145
1 Korintus 14:21-40

BACAAN HARI INI

Yakobus 4:1-10

RHEMA HARI INI

Yakobus 4:8 Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!

Di tengah kegelapan dunia yang terlihat semakin nyata beberapa bulan terakhir ini, kita patut bersyukur karena gereja kita mengadakan kegiatan doa puasa raya untuk diikuti seluruh jemaat. Selama 40 hari momen doa puasa raya, kita semua diajak untuk semakin mendekat kepada Tuhan dan memenuhi diri kita dengan hadirat Tuhan. Dengan mengikuti kegiatan ini maka kita bersama bisa menjaga kemurnian hati dan diri kita supaya hidup kita selalu berkenan kepada Tuhan.

Dalam suratnya kepada jemaat Kristen yang ada di perantauan, Yakobus mengingatkan bahwa Tuhan berjanji untuk mendekat kepada semua orang yang berbalik dari dosa, menguduskan hati, dan berseru kepada-Nya dalam pertobatan yang sungguh-sungguh. Mendekat kepada Tuhan itu artinya kita memfokuskan hidup kepada Tuhan dengan merendahkan diri di hadapan-Nya, menguasai dan mengalahkan ego, serta tidak dikuasai keinginan duniawi. Saat kita dekat dengan Allah, kasih karunia dan berkat-Nya akan tercurah bagi kita. Bukan itu saja, kita pun akan dibentuk dan dipakai Tuhan untuk menjadi pahlawan-Nya yang membebaskan bangsa dari semua bentuk kegelapan.

Benar, momen doa puasa adalah saatnya kita melatih diri untuk memotong kedagingan yang melekat dalam diri kita. Momen ini memberi ruang bagi manusia roh kita untuk bangkit. Melalui doa puasa, kita mengurangi aktifitas lahiriah untuk lebih fokus mendekat kepada Tuhan. Kita memperbanyak doa, membaca merenungkan firman, melayani Tuhan, rajin komsel, membangun Pondok Daud, bekerja dan belajar dengan lebih giat untuk kemuliaan Tuhan, rela dan tulus menyelamatkan jiwa, dan sebagainya. Mari kita tingkatkan komitmen untuk hidup dalam kekudusan. Mari kita singkirkan segala macam bentuk dosa dalam hidup kita. Mari kita percaya bahwa kegerakan momen doa puasa di tahun 2020 ini akan menjadi momen terobosan baru dalam level kuasa Tuhan, sehingga terang kemuliaan semakin dinyatakan melalui hidup kita dan bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada Tuhan.

RENUNGAN

Gunakan MOMEN DOA PUASA RAYA untuk MENDEKAT KEPADA TUHAN dan meningkatkan kegiatan yang MEMPERERAT HUBUNGAN kita dengan-Nya.

APLIKASI

1. Bagaimana Anda bisa mendeskripsikan hubungan pribadi Anda dengan Tuhan?
2. Mengapa Anda perlu mempererat hubungan dengan Tuhan?
3. Bagaimana Anda bisa meningkatkan kegiatan yang mempererat hubungan Anda dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih Engkau selalu dekat dengan kami. Tuhan, kami bukan hanya ingin dekat dengan-Mu, tapi kami ingin memahami isi hati-Mu. Kami ingin memperoleh keberanian untuk bangkit dan menjadi terang-Mu di tengah kegelapan yang meliputi bumi ini. Biarlah hidup kami boleh menjadi hidup yang mempermuliakan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”