JALAN MENJADI ORANG KRISTEN LUAR BIASA [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 47-48
1 Yohanes 3

BACAAN HARI INI
Mazmur 92:1-16

RHEMA HARI INI
Mazmur 92:14-15 mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita. Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar,

Hidup adalah sebuah perjalanan. Ada waktu-waktunya ketika kita diperhadaplan pada persimpangan. Dalam puisi “Jalan yang Tidak Ditempuh” karya Robert Frost, penyair kenamaan Amerika di awal abad ke-20, diceritakan tentang seseorang yang berdiri di hadapan jalan yang menyimpang dua. Orang tersebut menimbang-nimbang lama, sebab ia tidak bisa menempuh kedua-duanya. Yang satu terlihat lebih baik dan berumput, tetapi tampaknya sudah dilalui banyak orang. Akhirnya ia pun memutuskan untuk menempuh jalan yang jarang dilalui orang. Lama setelah itu, ia menyadari, keputusannya di persimpangan itu telah membawa banyak perbedaan pada hidupnya.

Sesungguhnya, dalam hidup kita sebagai orang Kristen, kita pun diperhadapkan pada sebuah persimpangan. Jalan yang pertama tampak berumput hijau dan tidak akan menyakiti telapak kaki kita. Kita bisa melaluinya sambil berjalan santai sambil sesekali melihat keindahan sekitar. Jalan yang kedua mungkin tidak terlihat seindah itu. Jalannya berbatu dan menanjak serta melandai di beberapa tempat. Bahkan berlubang dan bersemak duri.

Benar, kita bisa saja memilih untuk menjadi anak Tuhan yang menjalani kekristenan secara biasa-biasa saja. Yang penting kita beribadah, berbuat baik, bahkan melayani, dan ikut kelompok sel. Namun semua itu kita lakukan sekedarnya saja. Toh Tuhan dengan kasih karunia-Nya yang besar tetap akan memberkati dan memelihara hidup kita. Akan tetapi, justru di jalan yang sulit itulah, jalan yamg kerap membuat kaki kita berdarah karena batu dan ranting yang tajam, yang pada akhirnya membuat kaki kita kuat dan lutut kita tidak mudah goyah. Kehidupan roh kita tidak lagi lemah, tetapi solid. Memang tidak mudah dan ada harga mahal yang harus dibayar, berulang-ulang. Itu sebabnya, kita butuh kehausan dan kelaparan yang besar untuk memilih jalan yang jarang dilalui itu. Suatu saat nanti, kita pun akan menyadari bahwa jalan itu sungguh layak untuk kita tempuh. (MV.L)

RENUNGAN
Jangan jadi orang Kristen biasa sementara JALUR untuk menjadi orang Kristen LUAR BIASA ada DI DEPAN kita.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda menjalani kekristenan Anda selama ini?
2. Mengapa Anda perlu memilih untuk menjadi orang Kristen luar biasa?
3. Bagaimana Anda bisa memiliki kehausan dan kelaparan besar untuk dapat memilih jalur menjadi Kristen luar biasa?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, Engkau mengetahui jalan-jalan kehidupan kami. Pimpin kami dengan hikmat-Mu, agar kami bisa memilih jalan yang membuat kami semakin kuat dalam-Mu dan dengan demikian kami bisa menjadi anak yang bisa Engkau pakai untuk melakukan perkara-perkara dahsyat. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”