HIDUP MENGHASILKAN BUAH PERTOBATAN JIWA-JIWA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yeremia 32-33
Ibrani 1

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 2:41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.

Bayangkan jika orang yang selama ini selalu ada di samping kita, menjadi panutan dan pelindung kita, tiba-tiba menghilang dan tidak bisa kita jumpai lagi. Kita pasti akan merasakan kesedihan mendalam, kehilangan, dan mungkin putus harapan, atau tidak lagi memiliki semangat untuk melakukan segala sesuatu. Demikian juga dengan para murid Yesus, ketika Dia harus pergi meninggalkan mereka. Sosok yang mereka kagumi, hormati, yang juga sudah menjadi Pelindung, Guru, dan Panutan mereka. Mereka merasakan kesedihan yang begitu mendalam bak kapal yang terombang-ambing tanpa nahkoda. Bahkan semangat mereka untuk mengabarkan Injil dan menyelamatkan jiwa pun mungkin mulai meredup.

Namun, yang dirasakan para murid ini hanyalah sesaat. Karena Tuhan Yesus menepati janji-Nya, bahwa Dia akan memberikan Roh Kudus atas mereka. Meskipun secara daging para murid tidak bisa bersama-sama lagi dengan Tuhan Yesus, tetapi secara roh, mereka senantiasa dalam penyertaan Roh Kudus. Setelah Roh Kudus dicurahkan dan para murid mengalami kepenuhan Roh Kudus, pelayanan mereka bukan lagi biasa-biasa saja. Pelayanan mereka menjadi luar biasa, bahkan tiap-tiap hari Tuhan menambahkan jumlah orang yang percaya kepada-Nya (ay.47).

Salah satu ciri seseorang mengalami kepenuhan Roh Kudus adalah adanya kerinduan yang menyala-nyala untuk menjadi saksi Kristus. Hari ini, coba periksa diri kita, sudahkah kita menghasilkan jiwa-jiwa selama kita hidup di dunia ini? Atau hidup kita masih biasa-biasa saja dan hanya memikirkan keselamatan diri kita sendiri? Jika demikian, berarti kita belum mengalami kepenuhan Roh Kudus. Karena kalau kita kepenuhan Roh Kudus, kita akan menangisi jiwa-jiwa yang belum mengenal Tuhan Yesus. Segera datang kepada Yesus dan mintalah Roh Kudus memenuhi hidup kita. Saat kita mengalami kepenuhan Roh Kudus, kita akan menghasilkan buah pertobatan jiwa-jiwa. Jangan takut untuk bersaksi, karena Roh Yesus Kristus akan memberikan keberanian kepada kita untuk bersaksi tentang Yesus. Kita pun akan masuk dalam perjanjian berbuah lebat, yaitu buah jiwa-jiwa bagi kemuliaan nama Tuhan. (LEW)

RENUNGAN
Kepenuhan Roh Kudus akan menghasilkan buah PERTOBATAN JIWA-JIWA.

APLIKASI
1. Hal-hal apa saja yang akan Anda lakukan agar mengalami kepenuhan Roh Kudus dalam hidup Anda?
2. Menurut Anda, apa yang menyebabkan Anda belum menghasilkan buah pertobatan jiwa-jiwa selama ini?
3. Menurut Anda, mengapa dengan kepenuhan Roh Kudus bisa menghasilkan buah pertobatan jiwa-jiwa ?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, penuhilah kami dengan Roh Kudus-Mu, agar kami memiliki keberanian untuk bersaksi. Kami rindu agar saudara, teman, dan keluarga kami yang belum percaya kepada-Mu, bertobat dan diselamatkan. Sehingga hidup kami menghasilkan buah jiwa-jiwa bagi kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”