KUNCI PENGGENAPAN JANJI TUHAN AKAN MASA DEPAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Samuel 4-6
Lukas 9:1:17

BACAAN HARI INI
Filipi 3:10-16

RHEMA HARI INI
Filipi 3:13-14 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Siang itu, Bu Susi menceritakan pengalaman hidupnya kepada anaknya. Bertahun-tahun yang lalu, ia mengalami musibah demi musibah beruntun. Diawali dengan meninggalnya sang suami secara tiba-tiba dalam sebuah kecelakaan. Belum juga ia dapat berdiri dengah teguh, ia ditipu orang dalam bisnis sejumlah ratusan juta rupiah. Dunianya kala itu seakan-akan runtuh. Belum lagi, ia masih harus tetap tegar dan kuat berjuang seorang diri demi anak semata wayangnya.

Masih di tahun yang sama, tiba-tiba ia mendapat rhema untuk mendoakan rumah sebelahnya. Sudah bertahun-tahun mendiang suaminya ingin membeli rumah tersebut, tetapi belum juga dijual pemiliknya. Kini, saat pemiliknya hendak menjualnya, Bu Susi merasa telah kehilangan harapan dengan musibah beruntun yang baru saja ia alami. Ia pun tidak dapat memberanikan diri sekalipun hanya untuk mendoakannya, sehingga ia memilih untuk menutup mata saja sampai ada orang lain yang membelinya. Suatu ketika, ia mengetahui harga jual rumah tersebut dan ia sangat menyesal karena ternyata rumah itu dijual dengan harga yang sangat murah. Namun kini semuanya telah terlambat.

Apa pun yang kita alami, semuanya atas seizin Tuhan. Sekalipun kita belum dapat melihatnya, yakinilah bahwa semuanya itu untuk kebaikan kita pada akhirnya. Maka dari itu, lihatlah masa lalu sebagai pijakan untuk dapat melejit tinggi bersama Tuhan, bukan sebagai momok yang senantiasa menghantui kita. Apabila kita memilih untuk tetap terus mengingat-ingat masa lalu dan menolak bangkit bersama Tuhan, maka kita sendirilah yang akan rugi. Bukan karena Tuhan tidak mau mengangkat kita, tapi sejatinya kita sendirilah yang menolak uluran tangannya. Karena itu, bangkitlah dari segala yang terjadi di masa lalu dan arahkan pandangan kita hanya pada janji Allah saja, karena Dia telah menyiapkan masa depan yang terang benderang bagi kita. Bagian kita hanyalah percaya dan memegang teguh janji Tuhan, serta berani melangkah maju bersama Tuhan.

RENUNGAN
Kunci penggenapan janji Tuhan akan MASA DEPAN yang TERANG BENDERANG adalah BANGKIT DARI MASA LALU.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda bangkit dari masa lalu Anda?
2. Menurut Anda, apa yang sering kali membuat Anda kesulitan untuk bangkit?
3. Apa yang kini menjadi komitmen Anda untuk bangkit bersama Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, mulai hari ini kami mau meninggalkan masa lalu kami. Segala kegagalan, luka, kekecewaan, atau apa pun itu, biarlah ada di belakang kami. Saat ini kami mau terus menatap ke masa depan kami yang terang, yaitu pada janji-Mu yang ya dan amin. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”