HADIRAT TUHAN YANG MEMBAWA KETENANGAN [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 13-15
Matius 5:1-26

BACAAN HARI INI
Mazmur 62:2-13

RHEMA HARI INI
Mazmur 62:2-3 Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.

“DKI Jakarta adalah salah satu kota dengan tingkat stress paling tinggi di dunia.” Demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Zipjet, perusahaan asal Inggris, saat melakukan survei peringkat kota dengan tingkat stres paling tinggi di Asia pada tahun 2017. Secara global, kota Jakarta menempati posisi keenam dari 150 kota di dunia yang ada dalam daftar tersebut. Ada sekita 17 indikator yang menjadi acuan, di antaranya terkait dengan polusi, ruang terbuka hijau, tingkat kemacetan, atau tingkat kriminalitas. Terlebih di saat ini, situasi dan keadaan terasa semakin berat, semakin banyak orang yang mengalami stress.

Alkitab mencatat Raja Daud pun pernah beberapa kali mengalami situasi yang membuat jiwanya tertekan. Mazmur 62 ditulis oleh Daud pada masa-masa getir di hidupnya. Ia tengah melarikan diri dari Absalom yang ingin merebut kekuasaannya. Dalam pelarian tersebut, ia merasa takut, dan pastinya sedih karena Absalom adalah putra yang sangat ia sayangi. Pada ayat 2-3, dan 6-7 terdapat kata-kata yang diulang, yaitu gunung batu dan kota benteng. Seperti yang kita tahu, benteng melambangkan sebuah pertahanan dan tempat untuk berlindung, sedangkan gunung batu melambangkan sebuah kekuatan. Jadi, ketika Daud menggambarkan Allah sebagai gunung batu dan kota benteng, ia ingin mengatakan bahwa Allah adalah kekuatan dan tempatnya berlindung. Tempat perlindungan pastilah memberikan ketenangan.

Sama seperti Daud, kita pun pasti membutuhkan tempat untuk menyandarkan diri dan berlindung di kala diri kita memiliki masalah yang menggoncang hidup kita dan kita tidak sanggup untuk berdiri lagi. Dalam hadirat Tuhanlah, kita merasakan ketenangan di tengah situasi terburuk. Itu sebabnya, Tuhan hendak menghembuskan angin profetik Roh Kudus yang akan membawa kesegaran bagi jiwa kita. Sehingga kita beroleh ketenangan dan kekuatan untuk bangkit kembali bersama-Nya. Ya, Tuhan tidak pernah menjanjikan bahwa kehidupan ini akan berjalan mulus, tetapi Tuhan menjanjikan penyertaan, pengharapan, dan kekuatan ketika kita bersandar kepada-Nya.

RENUNGAN
HADIRAT TUHAN membawa KETENANGAN di tengah situasi terburuk.

APLIKASI
1. Adakah saat ini beban atau tekanan yang Anda alami hingga membuat Anda stres?
2. Percayakah Anda bahwa dalam hadirat Tuhan dapat mendatangkan ketenangan? Mengapa demikian?
3. Hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan untuk memperoleh ketenangan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesu, terima kasih untuk kebaikan-Mu yang kau berikan dalam hidup kami. Kami bersyukur punya Allah seperti Engkau. Ketika kami dalam kesesakan, tekanan, yang membuat kami terpuruk dan lemah, namun Engkau memberi kami kekuatan dan ketenangan untuk melewatinya. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”