EFEK POSITIF MELAKUKAN DOA PUASA DENGAN TEPAT (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 146-147
1 Korintus 15:1-28

RHEMA HARI INI
Matius 6:17-18 Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

Pandemi selama satu tahun terakhir ini mengakibatkan beragam dampak negatif. Salah satunya adalah banyak orang yang api rohnya padam. Hal ini juga dialami oleh Iwan. Saat gerejanya mengumumkan adanya gerakan doa puasa, KKS-nya, Rudi, mengajak semua anak selnya untuk ikut dalam kegerakan tersebut. Iwan pun akhirnya memutuskan untuk ikut doa puasa karena takut dianggap ‘kurang rohani’ oleh teman-temannya. Ia juga berpikir doa puasa kali ini pasti mudah, karena hanya 21 hari saja, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang berlangsung 40 atau 50 hari.

Setelah tiga minggu berlalu, Rudi bertanya kepada setiap anak selnya mengenai pengalaman mereka selama mengikuti gerakan doa puasa. Saat itu semua anak selnya menyampaikan bahwa mereka merasakan api roh mereka dibangkitkan. Hanya Iwan yang merasa tidak ada perbedaan apa-apa. Namun, setelah ia bertanya dan banyak bercerita dengan KKS-nya, ia tahu bahwa doa puasa yang dijalaninya ternyata tidaklah tepat. Karena hanya manusia jasmaninya saja yang berpuasa, tidak ada bedanya dengan orang yang melakukan diet. KKS-nya pun menyarankan agar Iwan mengubah motivasinya dan mengisi hari-harinya selama doa puasa dengan membaca firman Tuhan dan berdoa. Benar saja, saat ia menjalani doa puasa dengan benar, ia merasakan rohnya sungguh-sungguh dibangkitkan.

Ya, pasti akan ada perbedaan yang mendasar antara berdoa puasa dengan hanya tidak makan saja. Saat berdoa puasa, sebenarnya kita sedang menyalibkan kedagingan kita. Kita merendahkan diri di hadapan Bapa dan mengisi hidup dengan makanan-makanan roh. Saat itulah, manusia jasmani kita sedang dilemahkan dan manusia roh kita yang semakin kuat. Ambil komitmen untuk berdoa dan berpuasa dengan benar, maka kita akan membuka pintu menuju dimensi roh dan lawatan Roh Kudus dimanifestasikan secara luar biasa dalam hidup kita. Mari benahi motivasi kita dalam mengikuti kegerakan ini sehingga kita tidak melewatkan momentum luar biasa yang sedang Tuhan adakan dan mengalami terobosan yang besar dalam kerohanian kita.

RENUNGAN
DOA PUASA yang TEPAT akan membangun MOMENTUM ROH yang KUAT.

APLIKASI
1. Apakah Anda mengikuti kegerakan doa puasa ini? Apakah doa puasa Anda selama ini sudah tepat?
2. Menurut Anda, mengapa doa puasa yang tepat dapat membangun momentum Roh yang kuat?
3. Setelah Anda membaca renungan hari ini, komitmen apa yang akan Anda ambil untuk dapat melakukan doa puasa dengan tepat?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami tahu bahwa inilah waktunya lawatan yang besar akan segera terjadi. Kami tidak mau ketinggalan dalam momentum ini, ya Tuhan. Kami mau melangkah untuk turut serta ambil bagian dalam kegerakan doa puasa ini sehingga kami pun boleh mengalami dan merasakan lawatan Roh Kudus-Mu dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”