SALAH SATU INVESTASI YANG BERHARGA DI DUNIA INI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 23-25
Filipi 1

RHEMA HARI INI
Amsal 24:3-4 Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan, dan dengan pengertian kamar-kamar diisi dengan bermacam-macam harta benda yang berharga dan menarik.

Apa yang dianggap berharga dan berarti tidaklah sama bagi tiap-tiap orang. Demi untuk bisa mendapatkan apa yang dianggap berharga itu, orang rela mengerahkan seluruh daya upaya, bahkan mengorbankan hal lain yang dianggap kurang berharga. Begitu pula dengan Pak Yusak, yang memandang harta dan kesuksesan sebagai prioritas utama. Ia bekerja keras tak kenal waktu, dan seusai jam kerja pun Pak Yusak sering kali masih harus menemani kliennya. Dalam keadaan letih dan penat saat pulang ke rumah, ia tak punya keinginan lagi untuk sekedar mengobrol atau memeluk kedua anak dan istrinya.

Sampai suatu ketika, usaha yang telah Pak Yusak bangun bertahun-tahun, runtuh dalam sekejap mata. Dalam kondisi terpuruk itulah, Pak Yusak kembali kepada Tuhan. Oleh kasih karunia-Nya, Pak Yusak bisa memulai sebuah usaha baru dan hubungannya dengan keluarga dipulihkan Tuhan. Dalam satu kesempatan, Pak Yusak mendengar cerita dari teman anaknya, bahwa anak sulungnya pernah kecanduan alkohol dan nyaris bunuh diri. Pak Yusak tak pernah mengetahui hal ini sebelumnya, dan ia sadar itu adalah akibat ia melalaikan keluarganya. Ia sangat menyesal dan berjanji kepada Tuhan dan dirinya sendiri, bahwa ia akan memberikan waktu lebih banyak lagi untuk keluarganya.

Ya, keluarga adalah sesuatu yang paling dekat dengan kita. Sayangnya kedekatan ini sering kali membuat kita malah mengabaikan keberadaannya. Terkadang kita lupa bahwa waktu adalah salah satu hal yang sangat berharga dalam keluarga. Sekali saja terlewatkan, maka kita tak akan bisa mengulangnya kembali. Namun, ketika kita dapat menyadari betapa berharganya waktu itu dan mulai mengalokasikannya untuk hal yang tepat, maka sebenarnya kita sedang menginvestasikan sesuatu yang berharga. Masa depan anak-anak kita, pernikahan yang solid dan harmonis, keluarga yang indah di mata Tuhan, semua tergantung pada banyaknya waktu yang kita alokasikan untuk membangunnya. Ambil komitmen untuk mengalokasikan waktu kita pada hal yang tepat, sehingga kita tidak akan pernah menyesalinya di kemudian hari. (PF)

RENUNGAN
Mengalokasikan waktu untuk HAL YANG TEPAT berarti kita sedang MENGINVESTASIKAN sesuatu yang BERHARGA.

APLIKASI
1. Ke mana Anda lebih banyak mengalokasikan waktu Anda selama ini?
2. Sebanyak apa waktu yang Anda berikan untuk keluarga Anda dan dalam bentuk apakah itu?
3. Langkah apa yang akan Anda ambil untuk mulai mengalokasikan waktu secara tepat untuk keluarga Anda? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas keluarga yang telah Kau percayakan pada kami. Ajar kami Tuhan, untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan waktu kami sebaik mungkin bagi keluarga kami. Karena kami tahu bahwa itu adalah investasi yang tepat. Terima kasih Tuhan.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”