RAHASIA MEMBANGUN KETAHANAN FINANSIAL [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 26-27
Filipi 2

BACAAN HARI INI
Keluaran 19:1-8

RHEMA HARI INI
Keluaran 19:5 Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.

Seorang pemuda berusia dua puluh tahunan memiliki impian menjadi seorang jutawan. Ia pun menyampaikan impiannya kepada kekasihnya yang beberapa tahun kemudian menjadi istrinya. Tak lama berselang dari pernikahan mereka, terjadilah krisis ekonomi yang parah. Itu adalah masa depresi yang cukup besar. Pasangan ini pun mengalami berbagai peristiwa menyedihkan dalam hidup mereka. Mulai dari kehilangan mobil, rumah, hingga mereka harus menggadaikan barang-barang untuk mencukupi keuangan mereka yang mulai menipis. Sang suami frustasi dan meminta istrinya meninggalkannya.

Namun, di tengah keputusasaan suaminya, sang istri tidak mau percaya bahwa impian mereka telah mati. Istrinya terus meyakinkan suaminya, bahwa impian mereka bisa menjadi kenyataan. Ia pun terus mengajak suaminya merancangkan apa yang akan mereka lakukan jika mereka menjadi jutawan. Waktu berlalu, sang suami mendapat ide tentang permainan uang, yaitu apa saja yang akan dibeli dengan uang, misal gedung, tanah, rumah, ataupun hotel. Permainan itu akhirnya kita kenal dengan nama Monopoli. Charles Darrow dan istrinya, Esther, yang menciptakan permainan tersebut.

Keadaan sekarang ini mungkin juga begitu menakutkan bagi kebanyakan orang. Krisis ekonomi seolah menjadi bayangan yang mengerikan. Namun, sebagai anak Tuhan, hendaknya kita tidak dicekam ketakutan. Kondisi ekonomi dunia atau sekeliling kita boleh memburuk, tetapi Tuhan akan memberikan petunjuk yang tepat bagi kita yang setia kepada-Nya. Jangan berjalan dengan pemikiran kita sendiri, tetapi mintalah hikmat Allah, agar Tuhan memberikan petunjuk-Nya akan apa yang harus kita lakukan. Hanya tuntunan Roh Kudus saja yang bisa menjadi jaminan kesuksesan dalam hidup kita. Menempellah pada gereja lokal, karena itu akan memudahkan kita menerima tuntunan Tuhan dalam hidup kita. Bangun mezbah pujian penyembahan melalui Pondok Daud, ibadah, doa, dan merenungkan serta melakukan firman Tuhan. Semua itu akan membuat kita peka akan petunjuk Tuhan. Dengan taat pada petunjuk Tuhan, kita pasti bisa membangun ketahanan finansial kita. (LEW)

RENUNGAN
Rahasia MEMBANGUN KETAHANAN FINANSIAL yang paling utama adalah TAAT pada PETUNJUK TUHAN.

APLIKASI
1. Apakah Anda pernah berada dalam keadaan finansial yang kurang baik? Ceritakan!
2. Mengapa Anda harus mengutamakan taat pada petunjuk Tuhan dalam membangun ketahanan finansial?
3. Bagaimana upaya Anda dalam membangun ketahanan finansial?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami berterima kasih dengan keadaan finansial kami saat ini. Kami mau memiliki ketahanan finansial yang kuat dengan taat pada petunjuk-Mu. Kami percaya Engkau akan selalu menyertai dan memberkati hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”