Pertolongan Tuhan Yang Terus-Menerus [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Amsal 3-5
2 Korintus 1

BACAAN HARI INI

Mazmur 130:1-8

RHEMA HARI INI

Mazmur 130:7 Berharaplah kepada TUHAN, hai Israel! Sebab pada TUHAN ada kasih setia, dan Ia banyak kali mengadakan pembebasan.

Ada satu keluarga di suatu daerah. Keluarga ini terdiri dari ayah, ibu, dan dua anaknya. Keluarga ini adalah keluarga yang sangat mengasihi Tuhan, bahkan ketika di daerah tempat tinggalnya ada acara di hari Minggu, keluarga ini lebih mengutamakan untuk datang beribadah terlebih dahulu. Semua tetangganya mengenal keluarga ini sebagai keluarga yang rajin ke gereja. Sekali waktu, mereka tertimpa musibah. Salah satu anaknya didiagnosa sakit kanker darah. Dalam kondisi anak sakit, dan pastinya membutuhkan biaya yang besar, usaha sang ayah justru mengalami penurunan omzet setiap harinya.

Keluarga ini pun mendengar beberapa komentar negatif dari tetangga dan teman mereka. Mungkin komentar-komentar ini juga sering kita dengar atau bahkan kita sendiri pernah memikirkannya, “Padahal rajin ke gereja, makin dekat dengan Tuhan, makin mengasihi Tuhan, dan bahkan rajin melayani, tapi kok persoalannya malah makin banyak?” Sang ayah pun berkata kepada salah satu temannya, “Dekat dengan Tuhan ada persoalan, tapi jauh dari Tuhan juga ada persoalan. Bedanya, kalau dekat dengan Tuhan, selalu ada pertolongan.”

Ya, benar. Dekat dengan Tuhan bukan berarti tidak ada persoalan. Dekat dengan Tuhan pun tetap ada persoalan, tetapi, setiap kalinya, pertolongan-Nya yang nyata akan selalu ada untuk kita. Hidup memang selalu ada rintangan, ada beban, ada pergumulan, tetapi Tuhan tidak pernah membiarkan kita menyelesaikan semuanya sendirian. Tuhan sudah menyediakan pertolongan, jawaban, jalan keluar bagi setiap pergumulan kita. Karena kasih-Nya yang begitu besar bagi kita, tangan-Nya selalu terulur untuk menyelamatkan kita. Hari-hari ini kegelapan mungkin menutupi hidup kita, tetapi percayalah, di momen Paskah ini, Tuhan sudah menyediakan kelepasan lebih besar dari yang pernah kita alami sebelumnya. Dia bukan hanya akan melepaskan kita dari kegelapan, tetapi memancarkan terang-Nya melalui kita, sehingga kita dapat membebaskan orang-orang yang hidupnya juga sedang dilingkupi kegelapan. (RD)

RENUNGAN

Tuhan TIDAK HANYA menyelamatkan kita sekali saja, tetapi BERKALI-KALI.

APLIKASI

1. Renungkan kembali di hari-hari kemarin, apakah yang sudah Tuhan kerjakan dalam hidup Anda selama Anda menghadapi berbagai pergumulan?
2. Mengapa Tuhan senantiasa rindu menolong dan menyelamatkan kita berkali-kali?
3. Komitmen atau langkah-langkah apa yang akan Anda ambil setelah membaca renungan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami sungguh bangga memiliki Engkau sebagai Tuhan kami. Sungguh kami sangat mengucap syukur atas segala yang telah Engkau lakukan dalam hidup kami. Kami dapat hidup sampai hari ini, semua karena pertolongan dan anugerah-Mu dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”