BERJAGA-JAGA AGAR API ROH TIDAK PERNAH PADAM (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 4-5
Matius 24:29-51

RHEMA HARI INI
Imamat 6:12 Api yang di atas mezbah itu harus dijaga supaya terus menyala, jangan dibiarkan padam. Tiap-tiap pagi imam harus menaruh kayu di atas mezbah, mengatur korban bakaran di atasnya dan membakar segala lemak korban keselamatan di sana.

Pada tahun 2018, Indonesia pernah berkesempatan menjadi tuan rumah Asian Games. Pesta olahraga terbesar se-Asia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali itu menjadi momen tak terlupakan bagi kita. Banyak persiapan khusus yang dilakukan oleh penyelenggara. Salah satunya adalah api yang digunakan sebagai obor yang sengaja didatangkan dari sumber api abadi dari India, sebagai tuan rumah pertama Asian Games. Api abadi itu sebagai lambang semangat yang terus menyala untuk menjaga kebersamaan dan persahabatan serta semangat untuk berprestasi.

Perlakuan khusus juga diterapkan selama membawa api abadi dari India, karena api itu harus tetap menyala dan tidak boleh padam hingga tiba di Indonesia. Api obor tersebut pun dimasukkan ke dalam alat yang disebut tinder box yang berbahan bakar gas. Setiap kali habis, bahan bakar diisi kembali agar api tidak mati. Untuk berjaga-jaga, cadangan tinder box juga disediakan di dalam pesawat. Sehingga nyala api tetap terjaga selama perjalanan ke Indonesia, bahkan selama perhelatan Asian Games ke-18 berlangsung.

Sama halnya dengan hidup manusia, kita tidak pernah mengetahui akan hal-hal yang terjadi dalam hidup kita. Bahkan terkadang Tuhan sekonyong-konyong mengizinkan peristiwa buruk terjadi dalam hidup kita. Seperti pencuri yang datang tiba-tiba, kita pun sebaiknya selalu berjaga-jaga agar tidak lengah dan jatuh ke dalam pencobaan. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga api roh kita tetap menyala. Agar api roh kita tidak pernah padam, kita akan harus selalu mendekat kepada Sumber Api Abadi yang tidak pernah padam, yaitu Roh Kudus. Dengan begitu, hidup kita akan penuh gairah dan kehausan lebih lagi akan Tuhan. Kita pun akan selalu mengutamakan Tuhan dalam setiap langkah-langkah hidup kita. Oleh karena itu, tangkaplah setiap rhema yang Tuhan berikan dalam hidup kita dan kerjakanlah. Jangan biarkan api roh kita padam, tetapi biarkan api-Nya turun atas kita dan terus menyala, bahkan lebih besar lagi. (LEW)

RENUNGAN
Berjaga-jagalah senantiasa agar API ROH KITA TIDAK PERNAH PADAM.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah berjaga-jaga senantiasa agar api roh Anda tidak pernah padam? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Mengapa Anda perlu berjaga-jaga agar api roh Anda tidak pernah padam?
3. Bagaimana cara Anda menjaga api roh Anda tetap menyala?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, apa pun yang terjadi dalam hidup kami, kami mau selalu hidup mendekat kepada-Mu. Kami mau selalu berjaga-jaga selalu agar api roh kami tidak pernah padam dan tetap menyala. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”